fbpx
Saturday 22nd June 2024

Zafira Juara III Duta Genre 2023, Siap Gelar Gen Show di Hari Jadi Klaten

By: On:

KABARKLATEN.COM_Sebanyak 10 finalis atau 5 pasang Duta Generasi Berencana (Genre) beradu bakat dan gagasan dalam Grand Final Duta Genre Klaten 2023. Mereka diharapkan menjadi agen perubahan agar menyebarkan informasi dan pesan positif terhadap para remaja.

Acara Grand Final Duta Genre digelar di Pendapa Ageng Kabupaten Klaten, Jumat (21/7/2023) malam. Acara dibuka dengan penampilan koreografi Forum Genre Kabupaten Klaten tentang edukasi keluarga berencana.

Selepas acara dibuka, 20 finalis yang masuk dalam 10 besar pasangan Duta Genre Klaten 2023 memperkenalkan diri di panggung. Mereka tak hanya mahasiswa, ada beberapa finalis yang berstatus pelajar jenjang SMA dan sederajat.

Selanjutnya, diambil 10 finalis yang terdiri dari 5 finalis putra dan 5 finalis putri sebagai 5 besar pasangan finalis. Masing-masing finalis kemudian diberi waktu untuk menyampaikan gagasan mengenai beragam persoalan yang dihadapi remaja dan solusinya. Penampilan dan gagasan para finalis dinilai dewan juri hingga mengerucut menjadi 3 besar pasangan finalis Duta Genre Klaten 2023.

Sekretaris Dinas Sosial, Pemberdayaan Perempuan Dan Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk Dan Keluarga Berencana (Dissos P3APPKB) Klaten, Yoenanto Sinung Noegroho mengatakan pemilihan Duta Genre merupakan kegiatan yang digelar setiap tahun. Pemilihan Duta Genre digelar sebagai apresiasi terhadap kalangan remaja terkait kependudukan, kesehatan reproduksi, dan penyiapan kehidupan berkeluarga.

“Gaya hidup kalangan remaja penuh dinamika dan aktif. Hal ini harus diantisipasi agar mereka tidak terseret ke perilaku yang negatif. Duta Genre diharapkan menjadi role model generasi berencana di kalangan remaja Kabupaten Klaten,” ungkapnya.

Sementara itu, Wakil Bupati Klaten, Yoga Hardaya yang hadir mewakili Bupati Klaten menyampaikan apresiasinya atas penyelenggaraan pemilihan Duta Genre Klaten. Diharapkan Duta Genre menjadi motivator dikalangan remaja sekaligus menjadi duta pencegahan stunting.

H”arapannya, jika sudah menjadi duta, anak-anak ini nanti bisa menjadi contoh yang baik bagi rekan sebayanya,” paparnya.

Melalui ajang ini, diharapkan pula tercetak generasi muda Kabupaten Klaten yang unggul dan berprestasi.

“Untuk itu saya ucapkan selamat kepada anak anak yang terpilih sebagai duta genre kabupaten klaten 2023, mari kita bersatu jadikan remaja kabupaten Klaten sebagai remaja yang berkualitas,” kata Wabup Yoga.

Pemenang Juara III, Pemilihan Duta Genre Kabupaten Klaten, Zafira Nur Aulia, remaja multi talenta asal Klaten Tengah, berkomitmen melanjutkan program yang telah dilakukan oleh Duta Genre tahun lalu.

“Allhamdulilah juri telah memilih dan memutuskan saya sebagai pemenang juara III dalam Grand final Duta Genre malam ini dengan perjuangan dan dinamika yang luar biasa”,kata Zafira usai acara Pemilihan Duta Genre selesai, jum’at (21/07/2023) di pendopo Pemkab Klaten.

Zafira merupakan mahasiswi Fakultas Farmasi Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta yang pernah membintangi di dunia akting FTV. Dengan pengalamannya didunia akting ia akan menjalankan tugas sebagai duta genre dengan program yang dipresentasikan yakni genre show.

Dalam pemilihan Duta Genre Klaten 2023, terpilih sebagai juara 1 putra Andreas Aditya (Jogonalan) dan Leony Vita (Pedan) sebagai juara 1 Putri. Juara 2 putra berhasil diraih Viandra Gilar (Cawas) dan Erik Cindy (Trucuk) sebagai juara 2 putri. Sementara, juara 3 putra disandang oleh Arjuna Dewanata (Klaten Utara) dan Zhafira Nur Aulia (Klaten Tengah) sebagai juara 3 putri.(din) 

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Comments are closed.