fbpx
Friday 12th April 2024

Pelatihan Budikdamber, Program ICKK dalam Memenuhi Kebutuhan Pangan Keluarga ABK

By: On:

Kabarklaten.com_ Praktek pelatihan budidaya ikan lele dalam ember (Budikdamber) yang dilakukan Inklusi Canter Bakti Negeri Karanganom Klaten (ICKK) berkaloborasi dengan PT Aqua Klaten yang diperuntukkan untuk keluarga ABK, Selasa (09/06/2020) di Dukuh Beku Desa beku Karanganom Klaten berjalan dengan lancar.

Relawan ICKK dan keluarga ABK sedang praktek budidaya ikan lele dalam ember (Budikdamber)

Kemarin siang, Ketua Inklusi Canter Bakti Negeri Karanganom Klaten (ICKK) Sri Mulyo mengatakan, praktek budidaya ikan lele dalam ember (Budikdamber) yang diadakan oleh Inklusi Canter Bakti Negeri Karanganom Klaten (ICKK) bekerjasama dengan PT Aqua Klaten bertujuan untuk meningkatkan kemampuan keluarga Anak Berkebutuhan Khusus (ABK) dalam rangka memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari.

“Praktek budidaya ikan lele dalam ember (Budikdamber) ini bertujuan untuk memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari dari kebutuhan lauk pauknya,” terang Sri Mulyo Selasa kemarin ditempat pelatihan.

Menurut Sri Mulyo, keluarga anak berkebutuhan khusus (ABK) perlu adanya kegiatan dirumah yang dapat membantu kebutuhan pangan keluarga.

“Praktek budidaya lele dalam ember (Budikdamber) ini sangat tepat sasaran untuk keluarga anak berkebutuhan khusus (ABK) disamping mudah dan praktis dalam penanganan,” imbuhnya.

Hal senada disampaikan oleh Anshori sebagai pemateri pelatihan Budikdamber, dalam masa pandemi Covid-19 ini banyak masyarakat yang terkena dampaknya terutama warga yang ekonominya menengah ke bawah, apalagi bagi para difabel.

“Dampak Covid-19 ini sangat mengena untuk masyarakat yang ekonominya menengah ke bawah apalagi para difabel lebih besar dampaknya dibanding yang lainnya, makanya perlu adanya usaha yang dapat memenuhi kebutuhan mendasar yaitu pangan,” katanya.

Lebih lanjut ia mengatakan, Budikdamber merupakan kegiatan usaha yang dapat dilakukan oleh para keluarga ABK, dan sistem pemeliharaan yang sangat mudah.
“Kenapa pilih Budikdamber, selain praktis juga mudah dilakukan oleh siapapun baik ibu- ibu ataupun keluarga difabel, dan harapannya dapat memenuhi kebutuhan pangan dari lauk pauk dan sayurannya,” pungkasnya. (Udin)

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Comments are closed.