fbpx
Sunday 19th May 2024

KeCanTOL KaMU Membina Terbentuknya Keluarga Harmonis bagi Catin

By: On:

KABARKLATEN.COM_ Presentasi peserta bimwin dalam materi Mengelola Psikologi dan Dinamika Keluarga yang disampaikan oleh Hj. Herita Nur Fatmawati, S.Ag
Klaten, Bimbingan Perkawinan KeCanTOL KaMU ke-30 telah diselenggarakan selama dua hari yaitu Selasa dan Rabu (11-12 Juli 2023) di aula Balai Nikah KUA Karanganom. Acara tersebut diikuti oleh 15 pasang catin dari berbagai wilayah di kecamatan Karanganom.

KeCanTOL KaMU kali ini bersamaan dengan bimbingan perkawinan angkatan XXVIII yang pendanaannya dipihaki oleh Kementerian Agama Kabupaten Klaten. Oleh karena itu, pelaksanaan KeCanTOL KaMU ke-30 dilaksanakan dua hari dengan tambahan materi dan narasumber dari Kemenag Kab. Klaten.

Selain sakinah mawaddah warahmah, keluarga yang dibentuk setelah pernikahan menjadi keluarga yang harmonis. Oleh karena itu, antara suami dan istri harus saling memahami hak dan kewajiban dari masing-masing. Materi tersebut berjudul Mengelola Psikologi dan Dinamika Keluarga yang disampaikan oleh Hj. Herita Nur Fatmawati, S.Ag, penyuluh Agama Islam Kabupaten Klaten.

Herita dalam penyampaiannya tidak sekadar materi tapi diisi pula dengan simulasi yang melibatkan peserta bimwin. Peserta dibagi menjadi empat kelompok dan mereka diminta menggambar keluarga yang harmonis dan tidak harmonis. Kemudian, masing-masing dari perwakilan mempresentasikan dan menjelaskan gambarnya.

“Ya, salah satu bentuk keharmonisan dalam keluarga dan membangun komuikasi dengan melakukan makan bersama. Anggota keluarga ada ayah, ibu, anak, dan anggota keluarga lainnya misalnya nenek, di mana mereka bisa menyampaikan uneg-uneg dan lain-lain,” kata Herita menimpali catin yang presentasi.

Herita juga mengomentari presentasi catin yang menggambarkan keluarga tidak harmonis, misalnya terjadiknya kekerasan dalam rumah tangga (KDRT). KDRT salah satu penyebab terjadinya perceraian. Tidak menjaga kepercayaan, tidak ada komunikasi, tidak memahami posisi, hak, dan kewajiban masing-masing karena belum adanya persiapan ilmu saat menikah.
Sejalan dengan permasalahan yang muncul di keluarga, KUA memfasilitasi catin untuk ikut bimwin sebelum menikah.

Karena materi-materi di dalaya sangat penting untuk bekal catin menjalani kehidupan rumah tangga. Demikian motivasi dari kepala KUA Karanganom, Much. Sarif Anwar, S.Ag saat memberi sambutan dalam acara bimwin.

“Salah satu penyebab keretakan dan perceraian adalah KDRT. Maka dalam bimwin KeCanTOL KaMU ini ada materi KDRT untuk menambah pengetahuan. Dan perlu diketahui bahwa KeCanTOL KaMU ini menjadi program unggulan yang membawa Bupati Klaten, SrI Mulyani meraih penghargaan Satyalancana Wira Karya dari presiden. Semoga kegiatan ini memberi manfaat bagi catin untuk mengarungi samudra kehidupan rumah tangga,” jelas Sarif

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Comments are closed.