fbpx
Sunday 19th May 2024

Desa Jeblog menjadi Rintisan Kampung Moderasi Beragama di Klaten

By: On:

KlABARKLATEN.COM_ Jeblog merupakan salah satu desa di kecamatan Karanganom yang berjumlah 1.301 penduduk. Sedangkan berdasar agamanya, penduduk berjumlah 1.189 orang beragama Islam, 58 orang beragama Kristen, dan 54 beragama Katolik. Desa Jeblog terdapat tempat ibadah di mana di sana ada 3 masjid, 6 musala, 1 gereja Kristen, dan 1 gereja Katolik.
Berdasarkan keberagaman dan kerukunan serta kerja sama yang baik antar umat beragama di sana, maka Tim Pokja Kampung Moderasi Bergama yang diketuai oleh Much. Sarif Anwar, S.Ag menunjuk Desa Jebolg dijadikan rintisan Kampung Moderasi Beragama (KMB).

Sosialisasi perintisan KMB dilaksanakan pada hari Senin, 10 Juli 2023 di Taman Wisata Latar Ombo, Nglorogrejo, Jeblog, kecamatan Karanganom pukul 15.30-17.00 WIB. Acara tersebut disampaikan kepada ibu-ibu saat kegiatan pertemuan PKK Desa Jeblog. Hadir dalam tersebut, Kepala Desa Jeblog Drs. Henry Prakosa, Kepala KUA Karanganom Much. Sarif Anwar, S.Ag, para tokoh agama Islam, Kristen,dan Katolik. Selain itu, hadir tokoh masyarakat, tokoh ormas keagamaan, Penyuluh Agama Islam, dan ibu-ibu PKK Desa Jeblog.

Dalam sambutannya, Kepala Desa Jeblog, Drs. Henry menyampaikan bahwa kerukunan umat beragama di Desa Jeblog sangat tinggi toleransinya. Kegiatan-kegiatan kemasyarakatan diikuti oleh semua agama. Kerja sama dan saling bantu pernah dilakukan, misalnya warga nonmuslim membantu keamanan dalam pelaksanaan takbiran.

“Toleransi dan kebersamaan ini sangat tepat untuk menjadikan Desa Jeblog sebagai Kampung Moderasi Beragama di Kabupaten Klaten. Hal ini juga merupakan kerja sama antara FKUB dan Kementerian Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan dengan peningkatan di bidang ekonomi yang menitikberatkan pada pertanian dan peternakan. Sehingga sangat pas jika Desa Jeblog menjadi role model Kampung Moderasi Beragama yang mengembangkan ekonomi dan kerukunan umat beragama,” kata Henry.

Much. Sarif Anwar, S.Ag ketua Tim Pokja KMB sekaligus Kepala KUA Karanganom dalam sosialisasinya memaparkan bahwa Klaten dapat dikatakan sebagai Kabupaten pluralis dari segi agama, social, ekonomi, budaya, dan politik. Kondisi ini memberi peluang terjadinya konfik di masyarakat. Sehingga perlu upaya-upaya identifikasi permasalahan dan tawaran solusinya sebagai strategi penguatan moderasi beragama menuju rintisan kampung moderasi beragama. Ini adalah inovasi yang kreatif dan aplikatif dalam kegiatan sosialisasi moderasi beragama yang diselenggarakan oleh bimas Islam melalui para penyuluh agama.

“Sangat diharapkan rintisan desa sadar kerukunan, desa atau kampung moderasi beragama sebagai percontohan bagi masyarakat tentang urgensi hidup guyup rukun dalam keberagaman dan tidak didasarkan semata-mata pada mayoritas dan minoritas tapi berbasis kemanusiaan bahwa semua manusia itu ciptaan Tuhan,” jelas Sarif.

Pada akhir pemaparannya Sarif menekankan bahwa ada tiga catatan penting, yaitu: Pertama, kebijakan tentang moderasi beragama yang melahirkan inovasi kreatif rintisan terbentuknya kampung moderasi beragama adalah strategi cerdas yang implementatif untuk membumikan moderasi beragama ditingkat masyarakat paling bawah/ kampung. Kedua, kerjasama, koordinasi dan sinergitas antara PKUB desa dan penyuluh agama adalah strategi yang keren dan efektif untuk merintis, membentuk, dan memberdayakan kampung moderasi beragama.

“Sedangkan yang ketiga, upaya kementrian agama Klaten seksi Bimas Islam ini diharapkan menjadi Role Model penguatan moderasi beragama tingkat desa atau kelurahan yang akan melahirkan kampung moderasi beragama,” pungkas Sarif.

Selain sosialisasi rintisan KMB, para tokoh agama, masyarakat, dan ormas masyarakat melakukan penandatanganan surat pernyataan dukungan adanya rintisan kampong moderasi beragama di Desa Jeblog.(red) 

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Comments are closed.