fbpx
Friday 12th April 2024

Mahasiswa PKL SKM PENGGERAK DESA UNNES Melakukan Sosialisasi Cuci Tangan Pakai Sabun Saat Pandemi Covid-19 di SD N 1 Danguran

KABARKLATEN.COM_ Danguran, Klaten Selatan (29/10/21) , Saat ini pandemi Covid-19 sedang melanda Indonesia. Covid-19 adalah virus yang baru ditemukan dan menyebar dengan begitu cepat. Virus ini memiliki gejala mirip dengan flu biasa namun memiliki tingkatan yang lebih tinggi.

Penyebaran virus ini sangat cepat dari satu orang ke orang yang lain. Penyebaran Covid-19 dapat melalui berbagai perantara, salah satunya yaitu tangan. Tangan merupakan sumber penularan bakteri dan virus. Upaya untuk menjaga kesehatan tubuh agar terhindar dari berbagai penyakit dapat dimulai dari menjaga kebersihan tangan.

Mahasiswa PKL SKM PENGGERAK DESA UNNES melakukan sosialisasi tentang cara mencuci tangan pakai sabun yang baik dan benar. Dalam kegiatan PKL, mahasiswa UNNES mengajak siswa SD N 1 Danguran untuk mencuci tangan pakai sabun dengan baik dan benar guna mencegah penularan Covid-19 di lingkup sekolah.

Kegiatan sosialisasi Cuci Tangan Pakai Sabun (CTPS) ini dilaksanakan pada hari Jum’at, 29 Oktober 2021 pada pukul 08.00 – 09.00 WIB dengan sasaran siswa kelas 5 dan 6 SD N 1 Danguran.

Kegiatan PKL ini diawali dengan penyampaian materi Covid-19 kemudian pemutaran video animasi penjelasan Covid-19. Setelah itu penyampaian materi dengan video animasi Cuci Tangan Pakai Sabun yang baik dan benar dengan teknik 6 langkah guna mencegah penyebaran Covid-19. Kemudian siswa melakukan praktek cara mencuci tangan yang baik dan benar di wastafel depan kelas secara bergantian dengan mematuhi protokol kesehatan dan menjaga jarak.Kegiatan ini ditutup dengan pembagian hadiah kepada siswa berupa handsanitizer.

Siswa kelas 5 dan 6 SD N 1 Danguran mengikuti kegiatan ini dengan baik dan sangat bersemangat. Dengan adanya kegiatan sosialisasi Cuci Tangan Pakai Sabun yang baik dan benar ini diharapkan siswa mengetahui 6 langkah cuci tangan yang benar dan menerapkan dalam kehidupan sehari-hari.

Oleh : Wahyu Eka Susilowati
Dosen Pembimbing Akademik : dr. Fitri Indrawati, M. P. H.
Dosen Pembimbing Lapangan : drg. EM Tuti Nurharyanti

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Comments are closed.