fbpx
Sunday 19th May 2024

Mahasiswa KKN Arsitektur UNDIP Mendesain Taman Ramah Anak di Desa Pugeran

By: On:

 

Pugeran, Karangdowo, Klaten (8/02/2023)—Desa Pugeran merupakan desa yang terletak di Kabupaten Klaten, Jawa Tengah dimana desa ini merupakan salah satu lokasi penerjunan KKN Tim I Universitas Diponegoro Tahun 2023. Desa Pugeran termasuk desa yang masih berkembang. Pembangunan infrastruktur di Desa ini masih belum merata secara menyeluruh. Bisa dikatakan fasilitas-fasilitas publik di desa ini masih belum lengkap. Dengan adanya fasilitas atau ruang publik yang lengkap akan dapat memenuhi kebutuhan dan menguntungkan para warga sekitar.
Berdasarkan survey yang telah dilakukan oleh mahasiswa KKN UNDIP, Di Desa Pugeran belum ada fasilitas publik terpadu yang dapat mewadahi aktifitas seperti olahraga dan rekreasi Terdapat beberapa lahan kosong yang belum dimanfaatkan dengan baik fungsinya. Di belakang kantor balai Desa Pugeran terdapat lahan kosong yang belum dikelola secara maksimal hanya ditumbuhi rumput liar. Padahal salah satu kebutuhan manusia adalah melakukan kegiatan pada ruang terbuka. Ruang publik mempunyai banyak fungsi yaitu sebagai sarana media komunikasi, tempat rekreasi,tempat bermain, tempat bersantai,tempat berolahraga,meningkatkan kenyamanan warga, memperindah lingkungan.

Maka dari itu, Mahasiswa KKN UNDIP dibutuhkan dalam membantu memberikan solusi atas permasalahan tersebut melalui pembuatan desain fasilitas publik berupa RPTRA(Ruang Publik Terpadu Ramah Anak). Salah satu Mahasiswa Sekolah Vokasi Prodi D4 Teknik Infrastruktur SIpil dan Perancangan Arsitektur, Muhammad Farras Hanif yang merupakan bagian dari Tim KKN I Desa Pugeran memberikan bantuan berupa perancangan desain lahan kosong tersebut menjadi RPTRA(Ruang Publik Terpadu Ramah Anak) dengan output berupa 3D perspektif guna menjadi arsip jangka panjang ketika nantinya akan diajukan dan direalisasikan. Dengan adanya perancangan desain ini diharapkan akan membuat lahan kosong tersebut lebih tertata dan dapat digunakan oleh warga dengan nyaman.

Kegiatan ini dilakukan secara bertahap dimulai dengan mengajukan saran kepada Kepala Desa untuk dibuatkan desain perancangan taman ramah anak atau RPTRA dan saran tersebut disetujui oleh Kepala Desa. Setelah disetujui saya mulai mengumpulkan data dan melakukan survey untuk mengeksekusi data tersebut untuk pembuatan desain RPTRA.

Setelah melewati beberapa pertimbangan dan analisa, akhirnya hasil desain RPTRA(Ruang Publik Terpadu Ramah Anak) tersebut selesai. Hasil dipaparkan kepada Kepala Desa Pugeran dan diterima sangat baik. Beliau berterima kasih dengan adanya desain tersebut diharapkan nantinya dapat direalisasikan.

 

 

 

Editor: Joe Lesta

Penulis : Muhammad Farras Hanif – Prodi D4 Arsitektur, Sekolah Vokasi, Universitas Diponegoro

DPL 1 : Dr. rer. nat. Ir. Thomas Triadi Putranto., ST., M. Eng., IPU

Lokasi KKN : Desa Pugeran, Kecamatan Karangdowo, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Comments are closed.