fbpx
Sunday 19th May 2024

Tangani Permasalahan Perbatasan, Kesbangpol Klaten Kordinasi Dengan Kesbangpol Gunungkidul

By: On:

KABARKLATEN.COM_ Badan Kesbangpol Kabupaten Klaten gelar Rakor cipta kondisi terkait permasalahan di daerah perbatasan Kabupaten Klaten dan Kabupaten Gunung Kidul

Pada hari Rabu, 08 Mei 2024 pukul 10.0 s/d 12.30 Wib bertempat di WM. Ikan Bakar PRJ di Krakitan kec. Bayat, kabupaten Klaten telah dilaksanakan kegiatan Rakor cipta kondisi terkait permasalahan di daerah perbatasan Kabupaten Klaten dan Kabupaten Gunung Kidul. Kegiatan ini dihadiri lk. 60 orang.
sementara hasil rakor dihadiri instenssi terkait antara lain

a. Haerudin, SH, MH (Kepala Bakesbangpol Provinsi Jawa Tengah)
b. Sugeng Hariyanto, S.E., M.M (Kepala Bakesbangpol kab. Klaten)
c. Johan Eko, S.Sos, MH (Kepala Bakesbangpol kab. Gunung Kidul)
d. Tri Wibowo (Bagian Pemerintahan Sekretariat Daerah Kab. Klaten)
e. Andra Amalia (Bagian Hukum Sekretariat Daerah Kab. Klaten)
f. Bambang Suprobo (Ketua FKDM Kab. Klaten)
g. V. Retno Setyaningsih, S.K.M.,M.M.R (Camat Gantiwarno Kab. Klaten)
h. Widaya, SH, M.Si (Camat Wedi Kab. Klaten)
i. Joko Purwanto, SH, MH (Camat Bayat Klaten)
j. Eko Krisdiyanto, SE (Kapanewon Gedangsari Kab. Gunung Kidul)
k. Sugito, SH, MH (Kapanewon Ngawen Kab. Gunung Kidul)
l. Kepala Desa se perbatasan Klaten dan Gunung Kidul.

Sedangkan Kepala Badan Kesbangpol Klaten Bp. Sugeng Hariyanto, S.E., M.M, dalam sambutannya sbb:

1) Kegiatan ini sebagai bentuk kita dalam menjalankan tugas dalam menjaga dan mewujudkan suasana bermasyarakat yang aman, nyaman, tentram dan kondusif.

2) Beberapa waktu kemarin kita dihadapkan pada permasalahan di lapangan yang melibatkan dua wilayah antara Klaten dan Gunung Kidul.

3) Dari hasil telaah kami, Galian C Tambang Urug untuk pembangunan Jalan Tol yang berada di Serut sampai Bayat menimbulkan konflik di masyarakat karena tidak terpenuhinya kesepakatan kompensasi antara penambang dengan warga.

4) Terkait virus Antraks yang Bulan Maret kemarin ada di Gedangsari dan Prambanan, maka perlu adanya langkah strategis untuk mengantisipasi hal tersebut.

5) Selanjutnya mohon kepada Bapak Haedar Kepala Bakesbangpol Provinsi Jateng untuk memberikan arahan dan tanggapan, karena permasalahan khususnya tambang urug ini sudah ketingkat nasional.

Kepala Bakesbangpol Provinsi Jawa Tengah Bp. Haerudin, SH, MH, dalam sambutannya mengatakan pd intinya :

1) Kami sangat mendukung dan support terhadap kegiatan ini, semoga dari hasil pertemuan ini membawa kemaslahatan bersama. dan lebih baik kegiatan bisa dilaksanakan 3 bulan sekali.

2) Terkait dengan gejolak yang menimbulkan konflik di wilayah kabupaten Klaten maka ketika potensi konflik itu ada, kita harus segera kita mitigasi di lapangan langsung untuk mengurai permasalahan tersebut.

3) Oleh karena itu perlu adanya koordinasi antara pemkab. Klaten dan Pemkab Gunung Kidul dari tingkat kabupaten sampai desa, untuk memonitor terpenuhi atau belum kompensasi sehingga warga dan penambang tidak saling klaim sendiri.

Kepala Bakesbangpol Gunung Kidul Bp. Johan Eko, S.Sos, MH, mengatakan :

1) Saya sangat mengapresiasi pertemuan ini karena sangat baik sekali, dan dengan memperbanyak ruang perjumpaan agar dalam melaksanakan mitigasi lebih mudah dan lebih cepat.

2) Proses ini tidak boleh hanya berhenti sampai ini saja, akan tetapi harus sampai tuntas di lapangan agar warga kita semua hidup dalam suasan yang tentram.

3) Alhamdulilah dalam pilpres kemarin antara Kabupaten Klaten dan Gunung Kidul dapat tercipta suasana yang aman dan terkendali.

Sedangkan beberapa keluhan camat yang di wakili / disampaikan oleh camat gantiwarno Ibu. V. Retno Setyaningsih, antara lain sbb :

1) Mohon kepada bapak Kesbangpol Provinsi Jawa Tengah dan DIY untuk menjadikan perhatian khusus terkait permasalahan galian C diwilayah kami ini.

2) Perlu kami sampaikan bahwa Jalan PU di ruas jalan serut, ngandong, mlese sampai sekarang belum ada tindak lanjut dari pihak JMC untuk melaksanakan perbaikan dan penyiraman jalan, padahal hal itu sudah menjadi kesepakatan secara tertulis dan disaksikan pak sekda pada waktu itu.

3) Kami para camat yang berada di wilayah perbatasan baik Gantiwarno, Wedi, Bayat tidak bisa komunikasi dengan pengelola tambang di Serut. Kita tidak punya akses untuk kesana. Mau ketemu susah, pakai surat tidak direspon dan minta nomor HP tidak bisa.

4) Selanjutnya terkait dengan waktu Kelulusan SMK kemarin banyak siswa lulusan dari wilayah gunung kidul pada konvoi turun masuk di wilayah Gantiwarno dan Wedi sehingga memancing konflik antar pelajar di wilayah kami.

Dari hasil Rakor tsb menghadilkan kesepakatan bersma antara lain sbb :

1. Hasil dari pertemuan ini bahwa setiap 3 bulan akan di adakan pertemuan rutin antara Bakesbangpol Klaten dan Bakesbangpol Gunung Kidul untuk membahas perkembangan situasi dan kondisi di wilayah perbatasan.

2. Kegiatan berjalan dengan lancar dan tertib.

(Tris/endarto)

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Comments are closed.