fbpx
Monday 22nd July 2024

Keren! Klaten Kembali Raih Piala Adipura 2023

By: On:

KABARKLATEN.COM_ Kabupaten Klaten kembali meraih Piala Adipura tahun 2023. Secara langsung Bupati Klaten, Sri Mulyani menerima Piala Adipura, Selasa (05/03/2024) di Auditorium Dr. Soedjarwo, Gedung Manggala Wanabakti, Jakarta Pusat.

Dilansir dari Prokopim.Klaten.go.id Bupati Klaten Sri Mulyani Ditemui seusai acara, Bupati Klaten, Sri Mulyani menyampaikan terimakasih kepada masyarakat dan pemerintah daerah atas bantuannya mengelola dan mengendalikan sampah di Kabupaten Klaten, sehingga Klaten kembali meraih penghargaan Piala Adipura dua tahun berturut-turut dan setelah penantian panjang dari tahun 1996.

Ia mengaku perjuangan untuk mendapatkan Piala Adipura yang dilakukan oleh Pemerintah Kabupaten Klaten. “Yang kami persiapkan untuk menerima Adipura ini adalah bagaimana pengelolaan sampah yang ada, ada Tempat Pemrosesan Akhir (TPA) Troketon di Pedan merupakan TPA skala besar, tentu bekerja sama dengan relawan peduli sampah dan lainnya. Ini tidak mudah untuk mendapatkan Adipura dengan perolehan dua tahun berturut-turut (2022 dan 2023). Ini adalah hadiah untuk masyarakat Kabupaten Klaten. Selaku Bupati Klaten, saya berterima kasih kepada masyarakat yang telah membantu mengelola dan mengendalikan sampah di Kabupaten Klaten,” kata Sri Mulyani.

Dilansir dari kanal youtube Kementerian LHK, Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) Siti Nurbaya menyampaikan bahwa pemantauan lapangan untuk memperoleh Piala Adipura 2023 telah dilakukan terhadap 259 Kabupaten/Kota di seluruh Indonesia, sekitar 50,39 persen dari total 514 Kabupaten/Kota di Indonesia.

Ia juga memberikan anugerah Adipura Kencana sebagai penghargaan tertinggi
untuk lima Kabupaten/Kota yakni Kota Balikpapan, Kota Surabaya, Kota Bontang, Kota Bitung dan Kabupaten Ciamis

Ia memaparkan umlah Kabupaten/Kota yang mampu menunjukkan kinerja pengelolaan lingkungan hidup perkotaan yang baik pada periode ini tercatat sebanyak 106 kabupaten kota. Ia juga menerangkan jumlah Kabupaten/Kota yang meraih penghargaan sertifikat adipura sebagai penghargaan yang memiliki upaya atas kinerja pengelolaan sampah di sumbernya dengan baik tercatat sebanyak 51 Kabupaten/Kota

“Hasil adipura tahun 2023 mengalami kemajuan yang cukup signifikan dibandingkan dengan Adipura tahun sebelumnya, yaitu terjadi peningkatan jumlah daerah yang meraih anugerah Adipura sebesar 32,5% dari 80 Kabupaten/Kota menjadi 106 Kabupaten/Kota. Selain itu, berdasarkan hasil penilaian dilakukan pada Adipura 2023, sebanyak 63 daerah mengalami peningkatan kinerja pengelolaan sampah, dibanding tahun sebelumnya,” terang Siti.(red) 

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Comments are closed.