fbpx
Friday 12th April 2024

Deklarasikan KENCANA di 26 Kecamatan : Bupati Klaten Terima Penghargaan Kemendagri

By: On:

KABARKLATEN.COM_ -Bupati Klaten yang diwakilkan oleh Wakil Bupati Klaten, Yoga Hardaya menerima penghargaan dari Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) atas terdeklarasinya program Kecamatan Tangguh Bencana (KENCANA) di 26 Kecamatan, Selasa (05/03/2024) di Pendopo Setda Kabupaten Klaten.

Selanjutnya Kasubdit Standarisasi Tata Operasional dan Sumberdaya Manajemen Penanggulangan bencana dan kebakaran Kemendagri, Pramudya Ananta Boga mngenakan rompi dan menyerahkan piagam penghargaan program KENCANA kepada Bupati Klaten yang diwakilkan oleh Wakil Bupati Klaten, Yoga Hardaya.

Turut hadir Forkopimda, Kalak BPBD Jawa Tengah, Asisten, Kepala OPD se- Kabupaten Klaten, Ketua DWP, Forkopincam dan Komunitas Relawan di Klaten.

Dalam sambutannya Kasubdit Standarisasi Tata Operasional dan Sumber Daya Manajemen Penanggulangan bencana dan kebakaran Kemendagri, Pramudya Ananta Boga menuturkan bahwa kabupaten Klaten merupakan pionir dalam mendeklarasikan program KENCANA.

“Bahwa kabupaten Klaten ini merupakan pionir, jadi kalau pionir itu belum banyak yang melakukan. Pada saat kita menginisiasi gerakan ini akhir tahun lalu, saat ini mungkin belum ada sepuluh. Klaten termasuk yang berhasil mendeklarasikan di 26 Kecamatan, tentunya kita berharap nanti banyak daerah lain yang mengikuti Klaten,” tutur Pramudya.

Ia menjelaskan bahwa KENCANA didesain guna penguatan upaya-upaya penanggulangan bencana yang bersentuhan langsung dengan masyarakat melalui optimalisasi peran pemerintah di tingkat kecamatan.“Oleh karenanya, melalui gerakan KENCANA ini, perlu diperkuat karena Camat sebagai perangkat daerah yang paling dekat dan bersentuhan dengan masyarakat, Camat juga satu aktor kolaboratif yang memiliki peran strategis untuk memfasilitasi kecepatan SPM di wilayahnya,” jelas Pramudya.

Ia juga menyatakan bahwa salah satu kewenangan Camat yang sifatnya atributif adalah fasilitasi percepatan Standar Pelayanan Minimal (SPM) di wilayah kecamatan. “Jadi, Camat punya mandat sesuai PP No. 17 tentang Kecamatan adalah SPM di wilayahnya dapat berjalan optimal. Dalam konteks ini, maka gerakan tangguh bencana kita desain dan menjadi kerangka seluruh camat dalam beraktivitas membantu upaya penanggulangan bencana di tingkat kecamatan,” lanjut Pramudya.

Sementara Bupati Klaten yang diwakili Wakil Bupati Klaten, Yoga Hardaya mengapresiasi kepada seluruh camat, relawan, dan seluruh pihak yang terlibat sehingga memperoleh Penghargaan KENCANA atas kerja keras semua pihak.

“Penghargaaan KENCANA ini luar biasa berkat kerja keras dan ketekunan dari seluruh pihak. Klaten sudah memiliki Desa Tangguh Bencana (DESTANA) sekitar 1.400 relawan sudah termasuk per desa 15 orang. Jadi dengan terbentuknya relawan di tingkat desa ditambahkan dengan KENCANA ini memudahkan dan mempercepat apabila ada bencana segera ditangani, dimana para relawan di desa telah memperoleh bimbingan teknis terkait penanganan awal dalam penanganan bencana di Kabupaten Klaten ini,” tutur Yoga.(red) 

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Comments are closed.