fbpx
Monday 4th March 2024

Atasi Banjir Tahunan, Pemerintah Kabupaten Klaten Adakan Gotong Royong Bersih-bersih Sungai di sekitar Rowo Jombor

By: On:

KABARKLATEN.COM_ Memasuki periode musim hujan saat ini, Pemerintah Kabupaten Klaten akan mengadakan kegiatan bersih-bersih Sungai dan saluran air di sekitar Rowo Jombor secara serentak, khususnya di Desa Jimbung Kalikotes dan Desa Kadibolo Wedi, pada hari Jumat, 21 Oktober 2022.

Kegiatan yang didahului Apel akan dipimpin Bupati Klaten, Sri Mulyani, di Lapangan Desa Jimbung, pada pukul 07.30 WIB
dan diikuti sekitar 1000 peserta apel dari BPBD Klaten, komunitas relawan, OPD, TNI, Polri, Kecamatan se Kab. Klaten serta Kelompok Tani desa Jimbung-Kalikotes dan desa Kadibolo-Wedi.

Kepala Dinas Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Klaten Sri Winoto menyampaikan, pertimbangan diselenggarakannya kegiatan yang berpusat di Desa Jimbung karena di beberapa dukuh di Desa Jimbung seperti dukuh Ngabetan, sering dilanda luapan air dari sungai Bajing yang terjadi setiap tahunnya, atau dikatakan sebagai banjir tahunan.

Demikian dengan dukuh di Desa Kadibolo yang berbatasan dengan Desa Jimbung sering terlanda banjir luapan sungai
maupun genangan yang terjadi setiap musim hujan. Aliran sungaisungai dan saluran di desa Jimbung ini bermuara di Rawa Jombor, dimana terdapat sumbatan berupa sampah maupun adanya sedimentasi yang berakibat pada meluapnya air ke pemukiman penduduk dimana hal ini juga terjadi di wilayah Desa Kadibolo setiap tahun.

Sri Winoto menambahkan, Berdasarkan hal tersebut, kerja bakti gotong royong para relawan, OPD, TNI, Polri dan warga setempat diharapkan akan mengurangi risiko bencana di wilayah Jimbung dan Kadibolo, apalagi dengan memasuki masa musim hujan saat ini, perlu kewaspadaan dan kesiapsiagaan dari segenap masyarakat agar tidak terjadi risiko yang berdampak pada masyarakat kabupaten Klaten.

“Setelah apel dilanjutkan dengan gerakan bersih-bersih sungai
dengan lokasi saluran air di dukuh Krambil Gede, sungai Bajing dan sungai Sosro yang berada di wilayah Desa Jimbung Kalikotes dan Desa Kadibolo Wedi yang berpusat pada 7 titik kegiatan”, Pungkasnya (Din)

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Comments are closed.