fbpx
Friday 12th April 2024

Tingkatkan Kualitas Kesehatan Warga, Universitas Safin Pati Lakukan MoU dengan Desa Ketandan

By: On:

Dekan Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Safin Pati (kiri) Yeni Rusyani S. Kep menandatangani MoU dengan Kepala Desa Ketandan ( Hefi Sudarmawan)

KABARKLATEN.COM_ Salah satu Program Pengabdian yang dilakukan oleh Universitas Safin Pati yaitu meningkatkan kwalitas kesehatan masyarakat.

Hal tersebut dibuktikan dengan adanya kegiatan mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) yang ada di dukuh Cantelan Desa Ketandan, Kecamatan Klaten Utara Klaten.

Perguruan Tinggi yang dulu bernama Stikes Duta Gama ini menggelar kegiatan bakti sosial pemeriksaan kesehatan warga, senam masal dan jalan sehat.

Salah satu mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Safin Pati Games mengatakan, selama kegiatan di dukuh cantelan, masyarakat antusias selalu mengikuti program kesehatan terutama posyandu Lansia.

“Harapan kami posyandu Lansia ini tidak berakhir disini saja, namun kedepannya masyarakat lebih antusias lagi dalam kegiatan posyandu Lansia”, katanya

Kepala Program Studi Ilmu Kesehatan Universitas Safin Pati, Akbar mengatakan, di Universitas Safin Pati ada beberapa program studi diantaranya Hukum, Ilmu Kesehatan dan lain-lain. Adapun mahasiswa yang praktek di dukuh Cantelan adalah mahasiswa dari Fakultas Ilmu Kesehatan program studi S1 Keperawatan ners.

“Prodi S1 Keperawatan ners ini adalah prodi yang ada didaerah Klaten, S1 Keperawatan nanti perkuliahan selama 4 tahun setelah itu mengikuti program Ners di dukuh Cantelan ini”,ungkap Akbar di sela-sela kegiatan pemeriksaan kesehatan, Minggu (28/05/2023).

Saat ini lanjut Akbar, mahasiswa sedang melakukan kegiatan program ners selama satu bulan.

“Kegiatan ini dilakukan selama satu bulan dari awal bulan April hingga awal bulan Juni, dan itu sudah kita laksanakan dengan membuat kader Lansia”, katanya.

Hal senada disampaikan oleh Dekan Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Safin Pati, Yeni Rusyani S.Kep, tujuan Universitas Safin Pati mengadakan kegiatan ini adalah mengenalkan kepada masyarakat bahwa sebelumnya Universitas Safin Pati lahir dari tiga Perguruan Tinggi yang sudah punya nama salah satunya dari Stikes Duta Gama Klaten.

“Stikes Duta Gama Klaten ini merupakan salah satu dari prodi yang lain yang akhirnya tetap berada di klaten sementara waktu sebagai fakultas Ilmu Kesehatan”, terang Yeni Rusyani.

Diungkapkan Yeni, Dalam kegiatan di dukuh Cantelan ini, bertujuan untuk menunjukkan eksistensi Bahwa Universitas Safin Pati ini siap dan mampu bersaing dengan yang lainnya.

“USP ini mampu dan siap bersaing dengan dengan yang lainnya baik di Indonesia maupun luar negeri, karena di Univesitas Safin Pati ada juga dari luar negeri”, Jelas Yeni

Lebih lanjut ia mengatakan, Harapan Universitas Safin Pati ini bisa memberikan manfaat kepada masyarakat dalam wujud pengabdian masyarakat.

” Harapan kami selaku Universitas khususnya Fakultas Ilmu Kesehatan bisa memberikan manfaat kepada masyarakat dalam wujud pengabdian masyarakat “,katanya.

Sementara Kepala Desa Ketandan Hefi Sudarmawan Merasa senang dengan kedatangan mahasiswa yang melakukan kegiatan KKN yang ada di dukuh Cantelan Desa Ketandan.

” Kami merasa senang sekali kedatangan mahasiswa KKN yang berada di dukuh Cantelan, sehingga warga dapat mengontrol kesehatan mereka”, pungkasnya. (Din)

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Comments are closed.