fbpx
Saturday 22nd June 2024

Mahasiswa Poltekkes Kemenkes Surakarta Launching Ratri ceria dan Penyerahan Inovasi Ke Puskesmas Jatinom

By: On:

 

KABARKLATEN.COM_ Mahasiswa Praktik Komunitas Prodi Profesi Kebidanan Poltekkes Kemenkes Surakarta melaksanakan Launching Posyandu Ratri Ceria di Mts MBS Jatinom klaten pada tanggal 16 Agustus 2023. Selain launching posyandu Ratri Ceria mahasiswa Poltekkes Kemenkes Surakarta juga melaksanakan program kerjasama kegiatan inovasi bersama Puskesmas Jatinom klaten.

Ketua praktik komunitas Prodi Profesi Kebidanan Poltekkes Kemenkes Surakarta, Anik Sri Martanti Str. Keb mengatakan, kegiatan launching Ratri Ceria dan Penyerahan inovasi ke Puskesmas ini merupakan program kerjasama dalam rangka Deteksi Dini Anemia pada remaja putri sebagai salah satu upaya penurunan angka stunting dan meningkatkan generasi emas pada remaja.

“Kegiatan ini merupakan upaya promotif dan preventif, melalui penyuluhan tentang anemia, cara deteksi dini anemia secara mandiri menggunakan Booklet Ratri Ceria”, ungkap Anik Sri Martanti, jum’at (19/08/2023).

Lebih lanjut Anik Sri Martanti mengatakan, kegiatan tersebut dimulai dengan penyuluhan dan sosialisasi ke santri Mts MBS Jatinom tentang penggunaan Booklet Ratri Ceria.

“Kita lakukan penyuluhan dan sosialisasi penggunaan booklet Ratri Ceria untuk deteksi dini anemia secara mandiri, serta pembagian tablet Fe ke santri Mts MBS sekaligus pemantauan kepatuhan minum obat Fe melalui Posyandu Ratri Ceria”, katanya.

Dikatakan Anik, kegiatan Mahasiswa Poltekkes Surakarta berkelanjutan dengan Penyerahan Inovasi ke Puskesmas Jatinom pada tanggal 19 Agustus 2023 yang dihadiri Dosen Poltekkes Kemenkes Surakarta, Kepala Puskesmas Jatinom, Kepala MTs MBS Jatinom, serta mahasiswa praktik Komunitas Prodi Profesi Kebidanan Poltekkes Kemenkes Surakarta.
“Kita juga lakukan Penyerahan Inovasi Ke Puskesmas Jatinom sebagai program kerjasama”, ucapnya.

Terkait pelaksanaan kegiatan, dilakukan dengan pengukuran tinggi badan(TB) berat badan (BB) tensi, serta pengukuran Hb dan pencatatan hasil pemeriksaan.

“Pada pelaksanaan tekhnis, kita lakukan pengukuran TB BB tensi serta pengukuran Hb dan juga minum bersama Tablet tambah darah”, pungkasnya.

Editor : Udin

Judul Booklet :
– Ratri Ceria –
Remaja Putri Cerdas Tanpa Anemia
Tim Penyusunan :
Amin Suryani
Anik Sri Martanti
Ana Puji Lestari
Marwinda Sri Mahasari
Ratna Indriati
Sri Hidayati
Supriatun
Tim Pembimbing
Dr. Sumantri, M. Kes
Asti Andriyani, SST, Bdn, M. Keb
Lusinta Agustina, SST, Bdn, M. Keb
Umi Budiningsih, SST, Bdn
dr. Ambar Retnoningsih
Tahun Terbit :
2023
Jumlah Halaman :
22 halaman

 

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Comments are closed.