fbpx
Saturday 22nd June 2024

Dengan Alat Seadanya, Reog Singo Argolawu Kampak Jimbung Hibur Warga

Kabarklaten.com_ Komunitas reog Singo Argolawu Kampak Jimbung menggelar pertunjukan dihadapan Warga masyarakat Kampak Jimbung Klaten.
Dalam pertunjukan ini reog Singo Argolawu Kampak Jimbung melakukan beberapa aksi dari jatilan dan reog.
Penasehat Kesenian Reog Singo Argolawu Kampak Jimbung  Rosid mengatakan, acara yang digelar di dukuh Kampak Jimbung Kalikotes Klaten ini merupakan kegiatan latihan untuk melestarikan budaya Jawa yang makin lama semakin memudar.
” Kegiatan ini merupakan bentuk pelestarian budaya Jawa berupa reog, supaya generasi muda mengetahui kesenian tradisional reog merupakan warisan nenek moyang kita,” Kata Rosid disela-sela aksi pertunjukan di lapangan dukuh Kampak Jimbung Kalikotes Klaten, Selasa (31/12).
Lebih lanjut ia mengatakan, kelompok reog yang ada dalam binaannya bermodalkan nekad, pasalnya segala bentuk pagelaran reog Singo Argolawu Kampak Jimbung ini hanya meminjam kegrup yang sudah lama terbentuk.
” Kelompok reog kita masih bermodalkan nekad, karena peralatan yang digunakan masih meminjam ke teman teman,” Imbuhnya.
Sementara itu pendiri reog Singo Argolawu Triyono Mengatakan, latihan reog bertujuan untuk melestarikan budaya bangsa kita khususnya di wilayah Klaten dan Soloraya.
” Kita lestarikan budaya Jawa dengan membuat grup kesenian tradisional reog,” Kata Triyono
Dikatakannya, komunitas reog Singo Argolawu ini sudah berdiri sejak satu tahun yang lalu, dan kini di dukuh Kampak Jimbung Kalikotes ini dalam membentuk kelompok reog yang akan kita bina.
” Ini merupakan langkah awal untuk menumbuhkan kelompok reog baru yang porsenil nya dari warga masyarakat dukuh Kampak,” Ucapnya.
Dia berharap agar pemerintah kabupaten Klaten dapat memberi semangat kepada para anggota kelompok reog yang yang ada di dukuh Kampak Jimbung Kalikotes Klaten.
” Selama ini pemerintah belum pernah memberikan semangat apalagi bantuan berupa apapun, namun kami berharap kedepan pemerintah ikut menyemangati kelompok reog Singo Argolawu Kampak Jimbung ini,” Pungkasnya.( Udin)

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Comments are closed.