fbpx
Friday 12th April 2024

Tarling di Masjid Kuno Al Makmur Majasem, Bupati Klaten : Ini Indah dan Unik

By: On:

KABARKLATEN.COM- Pemerintah Kabupaten Klaten pada Ramadan 1445 Hijriyah menyelenggarakan Sholat Tarawih Keliling (Tarling) putaran ketiga di Masjid Al Makmur Majasem, Desa Pakahan, Kecamatan Jogonalan (19/03/2024).

Dalam sambutannya Bupati Klaten, Sri Mulyani mengaku senang bisa melasanakan Tarling di 10 titik Masjid bersejarah di Klaten salah satunya Masjid Al Makmur (Masjid Majasem).

“Ini Masjid yang indah dan unik dan dibangun 639 tahun yang lalu. Tahun ini saya ingin memilih Masjid Al Makmur Majasem ini karena keindahan arsitekturnya tempo dulu serta lebih luar biasanya Masjid ini lebih dahulu berdiri daripada Masjid Demak,” kata Sri Mulyani.

Sementara Dewan Kemakmuran Masjid, Sri Mulyanto menyampaikan Masjid Al Makmur tersebut berdiri sekitar tahun 1385 M, tepatnya sebelum berdirinya Masjid Demak dan sebelum Perang Diponegoro.

Ia mengaku meskipun Masjid Kuno berusia lebih dari enam abad tersebut kondisinya masih terawat.

“Ini masjid Al Makmur Majasem kondisinya sangat terawat dan sering digunakan untuk menunaikan ibadah sholat, pengajian dan lainnya. Kemudian sejak tahun 2010 Masjid ini dinyatakan sebagai cagar budaya sehingga mendapatkan alokasi bantuan dan Masjid ini semakin kokoh berdiri dengan fasilitasnya,” jelas Sri Mulyanto.

Ia juga menjelaskan karena Masjid Al Makmur sering didatangi awak media sehingga publikasinya sudah meluas dan membuat jamaah dari luar Klaten datang ke Majasem untuk beribadah.

“Dan malam hari ini senang juga digunakan untuk Tarling bersama Bupati Klaten dan jajaran. Mudah-mudahan Masjid Al Makmur Majasem semakin dikenal masyarakat luas dan banyak jamaah yang dapat memakmurkan Masjid ini,” kata Sri Mulyanto.

Pelaksanan Tarling Pemkab Klaten diawali dengan Sholat Isya’, Tarawih, dan Witir juga disertai pemberian 25 bantuan sosial (Ramadan Berkah) dari Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Klaten, 10 bantuan Simpel Ayah Bank Klaten dan 10 mushaf Al Quran dari Bank Jateng.

Turut hadir Forkopimda, Sekda Klaten, Asisten,Staf Ahli,Kepala OPD beserta istri, Camat, Kepala Sekolah, Pimpinan Organisasi Agama, Direktur BUMD, dan ASN di lingkungan Kabupaten Klaten. Adapun Tarling diisi tausyiah dan ceramah oleh Anif Solikhin.(ttr/din) 

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Comments are closed.