fbpx
Monday 4th March 2024

Peringati HUT Kemerdekaan, Warga RW 02 Tojiwan Gelar Wayang Srawung

By: On:

Acara wayang Srawung di RW 02 Tojiwan Krajan Kalikotes Klaten

KABARKLATEN.COM_ Warga Masyarakat Dukuh Tojiwan Desa Krajan Kecamatan Kalikotes Klaten, mengadakan pentas seni wayang, Jum’at (19/08/2022) malam.
Wayang yang disajikan kewarga berupa Wayang Srawung, yaitu Wayang yang mengkisahkan tentang kehidupan warga masyarakat sehari-hari.

Saat ditemui wartawan Ketua RW 02 Tojiwan, Bambang mengatakan, kegiatan ini diadakan untuk memperingati HUT Kemerdekaan Republik Indonesia yang ke-77 tahun.

“Acara ini diadakan untuk memperingati HUT Kemerdekaan Republik Indonesia yang ke-77 tahun,” Ungkap Bambang.

Lebih lanjut ia mengatakan, terselenggaranya pagelaran wayang Srawung ini merupakan partisipasi seluruh warga Tojiwan.

“Adanya acara wayang ini berkat kerjasama warga, dan sebelum pagelaran wayang dimulai, ada pentas koor oleh pemuda pemudi dengan menyanyikan lagu Indonesia raya,” imbuhnya.

Dikatakannya, selain acara pagelaran wayang, kegiatan ini dapat mengangkat perekonomian warga sekitar yang berjualan aneka macam makanan dan jajaran.

“Acara ini sekaligus dapat mengangkat perekonomian warga sekitar yang berjualan aneka jajanan di arena pagelaran wayang,” katanya.

Sementara itu Trimanto Admojo, yang biasa dipanggil Ki Dalang Mbilung mengatakan, bahwa pagelaran wayang yang ia mainkan di dukuh Tojiwan ini merupakan wayang kontemporer yang tidak merubah konsep cerita wayang kulit.

“Wayang Srawung ini merupakan wayang kontemporer yang mengisahkan tentang kehidupan warga masyarakat sehari-harinya,” katanya.

RW 02 Bambang tengah, dan didampingi oleh tokoh masyarakat Tojiwan

Ia menambahkan, wayang Srawung ini sudah berumur 2 ( dua) tahun dan sudah terinventarisir di dewan kesenian Cawas.

” Wayang ini sudah berumur 2 tahun, dan wayang Srawung ini merupakan kisah sesrawungan antar warga masyarakat sehari-hari, dari acara gotong royong, kegiatan sosial dan lainnya” pungkasnya.(Din)

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Comments are closed.