fbpx
Saturday 22nd June 2024

Lomba Masak Bapak-bapak, Tanda Cinta Pada Kaum Ibu Di Penghujung 2023

KABARKLATEN.COM – Di penghujung tahun 2023, Sabtu (30/12/2023) pagi, Pasar Gedhe Klaten dihebohkan aksi bapak-bapak adu cepat belanja bumbu masak. Mereka berlari menyusuri travelator dari lantai 3 ke lantai 1.

Para pedagang bumbu masak yang mayoritas ibu-ibu pun dengan sigap membantu bapak-bapak yang berbelanja sesuai menu yang dibagikan ke kelompok masing-masing. Para bapak ini merupakan peserta lomba masak yang digelar sebagai rangkaian peringatan Hari Ibu ke—95 tahun 2023. Adapun peserta bukan sembarang kaum bapak, melainkan para pejabat di lingkungan Pemkab Klaten hingga jajaran Forkopimda Kabupaten Klaten.

Usai belanja bumbu masak, lomba diteruskan dengan sesi memasak. Di sesi ini, setiap kelompok mendemontrasikan keterampilan memasaknya mulai dari menumbuk bumbu dengan cobek, meramu bumbu, hingga mempersiapkan hidangan hingga siap saji untuk dinilai juri. Terdapat 17 kelompok lintas OPD yang diberi nama dengan nama bumbu dapur.

Diiringi dengan suara para istri yang menyemangati sembari memberikan instruksi cara memasak di luar area lomba, Ketua DPRD Klaten, Kapolres, Dandim, hingga kepala OPD Kabupaten Klaten kian bersemangat mengolah bahan baku yang ada di hadapannya. Mereka saling berbagi peran agar hidangan tersaji tepat waktu dengan rasa yang maksimal.

Juri yang dihadirkan dalam lomba masak ini tak main-main, dua orang chef professional hadir dan memberikan penilaian secara detail terhadap masing-masing kelompok peserta. Bupati Klaten, Sri Mulyani yang hadir secara pribadi di tengah lomba, merasa takjub dengan upaya yang dilakukan bapak-bapak dalam menyajikan hidangan teristimewa.

Gelak tawa pun terlepas saat masing-masing peserta yang didatangi Bupati menjelaskan menu yang akan disajikan. Beberapa kali Bupati dibuat tertawa dengan hasil plating bapak-bapak yang melebihi ekspektasi.

Sri Mulyani pun mengapresiasi lomba yang diinisiasi oleh Dinas Sosial, Pemberdayaan Perempuan Dan Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk Dan Keluarga Berencana (DISSOSP3APPKB) Klaten. Menurutnya dengan mengikuti lomba ini, para bapak yang menjadi peserta dapat lebih menghargai para ibu yang selalu berusaha menyajikan hidangan terbaik untuk keluarganya.

“Dengan lomba ini, saya berharap bapak-bapak semakin mencintai ibu-ibu yang telah mendampingi. Di momen ini, para bapak tentunya akan semakin menghargai masakan yang disajikan ibu-ibu. Apalagi sudah merasakan kalua memasak itu tidak mudah, padahal menunya sudah ditentukan mulai dari nasi goreng, bakmi goreng dan rebus, dan capcay, sementara di rumah berbagai jenis hidangan selalu disiapkan ibu-ibu ini,” ungkapnya.

Di penghujung acara, Bupati menyerahkan hadiah bagi juara 1 lomba masak yang berhasil diraih tim Lengkuas yang terdiri dari perwakilan kecamatan eks-tubup Jatinom dengan menu bakmi goreng. Disusul tim Merica yang terdiri dari Kepala Satpol PP, Dishub, dan BPBD Klaten yang berhasil menpati juara 2 dengan menu capcay gorengnya dan tim Kencur yang terdiri dari Kepala Disbudporapar, Diskominfo, dan Dinas Perpus dan Arsip dengan mie gorengnya di posisi juara 3. (Red) 

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Comments are closed.