fbpx
Monday 22nd July 2024

IPHI Tulung Klaten Gelar Khitanan Massal

By: On:

KABARKLATEN.COM_ Ikatan Persaudaraan Haji Indonesia (IPHI) Kecamatan Tulung Klaten menggelar khitanan massal kerjasama dengan Rumah Sakit Umum Islam Boyolali.

Kegiatan sosial yang diikuti 53 peserta itu digelar di Gedung IPHI Kecamatan Tulung Klaten Kamis (27/6/2024).

Khitanan massal dibuka Ketua IPHI Kecamatan Tulung Klaten H. Ir. Marsudi didampingi pengurus IPHI Tulung Klaten lainya H.Basuno.

“Peserta rata-rata berusia 12 tahun ke atas yang dibackup langsung dari dokter dan 10 paramedis dari RSUI Boyolali” kata Ketua IPHI Kecamatan Tulung Klaten H.Ir.Marsudi.

Salah satu panitia, H. Basuno mengatakan kegiatan digelar sebagai bentuk kepedulian IPHI untuk membantu masyarakat di wilayah Tulung Klaten yang secara rutin diselenggarakan tiap tahun.

“Anggaran yang kami gunakan dari infak spontanitas para haji dan hajah yang tergabung di IPHI cabang maupun ranting se-Kecamatan Tulung Klaten. Kami berharap semoga tahun-tahun yang akan datang bisa ditingkatkan jumlah pesertanya,” katanya.

Salah satu orang tua peserta merasa terbantu dan senang karena acara ini diselenggarakan saat liburan sekolah yang kebetulan anaknya sudah minta dikhitan. Dia merasa senang anaknya bisa ikut khitanan massal.

Ketua Komisi Pemberdayaan dan pelaksana kegiatan khitanan massal Ny.Hj.Mutmainah mengatakan selain fasilitas yang diberikan sangat memuaskan, masing-masing peserta juga mendapatkan bingkisan.

“Ada kopiah, baju Koko, sarung, uang saku, nasi boks, dan makanan ringan. Selain itu pelayanannya sangat ramah,” katanya.

Orang tua peserta berharap kegiatan khitanan massal gratis itu bisa digelar setiap tahun.

Dia juga merasa terbantu melalui kegiatan tersebut dan sejumlah anak begitu keluar dari ruang khitan tersenyum gembira tanda senang.

Lebih lanjut dikatakan bahwa Kegiatan khitanan masal IPHI cabang Tulung. Rutin diadakan tiap tahun .

“Untuk tahun ini di ikuti 53 anak yg di khitan dengan kerjasama dengan RSUI Boyolali. Ini salah satu program IPHI cabang Tulung dari komisi pemberdayaan” kata Mutmainah.

Program 2 ungulan lainnya yg diselenggarakan IPHI Kecamatan Tulung menurut Mutmainah antara lain kajian ukuwah yg dilaksanakan setiap Senen dan Kamis sore yang kerjasama dengan MUI Dareah pesertanya umum untuk masyarakat Tulung dan sekitar nya di ikuti sekitar 450 jamaah.

“Ada juga kajian Sabtu kliwon jamaah haji dan umrah Alumni haji dan umrah sekecamatan Tulung dengan peserta lebih 600 jamaah” katanya. .

Selain ini kata Mutmainah ada juga kegiatan Pengobatan gratis untuk masyarakat Tulung.

“Kegiatan ini diadakan setahun 3 kali. Peserta nya lebih 300 orang. Kerjasama dengan Puskesmas Kecamatan Tulung” katanya.

IPHI Tulung juga melakukan penggalangan dana untuk bencana, untuk Palistina yang pelaksanaannya disesuaikan dengan peristiwa yang terjadi.

“Ada juga bazar sembako gratis setiap Ramadhan yang diperuntukkan bagi kaum dhuafa, sementara untuk rangkaian ibadah haji IPHI Tulung juga menyelenggarakan Manasik haji, pengajian pamitàn haji dan pemberangkan serta penjemputan jamaah haji” pungkasnya.

Sejumlah kegiatan tersebut dilaksanakan setiap tahun dengan bekerjamasa dengan ormas Islam se Kecamatan Tulung Klaten. ( *Moch.Isnaeni* )

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Comments are closed.