fbpx
Monday 22nd July 2024

Hj. Sri Mulyani : Sosialisasi Empat Pilar Kebangsaan Untuk Penguatan Kerukunan

By: On:

 


KABARKLATEN.COM – Bupati Klaten Hj. Sri Mulyani, SM mengatakan, empat konsensus nasional kebangsaan yang dulu disebut sebagai empat pilar kebangsaan harus ditegakkan dan dijaga oleh segenap komponen bangsa dalam upaya melakukan penguatan dan pemberdayaan Paguyuban Kerukunan Umat Beragama ( PKUB ) Kecamatan dan Desa/Kelurahan serta segenap elemen bangsa untuk merawat kerukunan di masyarakat.

Hal tersebut disampaikan Bupati Klaten yang dibacakan Asisten I Joko Purwanto saat membuka acara sosialisasi empat pilar kebangsaan di Aula Al-Ikhlas Kantor Kementerian Agama Kabupaten Klaten Minggu ( 16/4/2023 ).

“Empat pilar tersebut yakni, Pancasila, Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945, Negara Kesatuan Republik Indonesia dan Bhinneka Tunggal Ika perlu disosialisasikan kepada masyarakat untuk pemberdayaan dan penguatan FKUB dan PKUB” katanya.

Menurut Bupati Ke- 4 pilar tersebut tidaklah berdiri sendiri, namun memiliki fungsi yang saling mendukung dan menguatkan satu sama lain.

Sementara itu senator anggota Dewan Perwakilan Daerah ( DPD ) RI asal dapil Provinsi Jawa Tengah Ir. H. Bambang Sutrisno, MM dalam sosialisasi 4 pilar kebangsaan bagi anggota FKUB dan PKUB Kabupaten Klaten di Aula Al-Ikhlas Kantor Kemenag Kabupaten Klaten Minggu (16/4/2023). menguraikan, apabila salah satu pilar tidak dapat ditegakkan sebagaimana mestinya, maka dapat berdampak buruk bagi stabilitas bangsa dan negara, karena ke-4 pilar tersebut tidak dapat ditegakkan oleh satu atau beberapa komponen bangsa saja, namun harus ditegakkan dan dijaga sekuat tenaga oleh segenap komponen bangsa.

“Upaya menegakkan ke-4 pilar tersebut, tidak dapat dilakukan secara asal-asalan namun harus dilandasi dengan pemahaman yang komprehensif dan kesadaran yang berasal dari hati nurani” katanya.

Ketua Forum Kerukunan Umat Beragama ( FKUB ) Kabupaten Klaten KH. Syamsuddin Asyrofi menyampaikan terima kasih dan apresiasi kerja sama antara FKUB dan PKUB dengan anggota DPD RI atas prakarsa dan kerja kerasnya dalam menyelenggarakan kegiatan sosialisasi tersebut.

“Kegiatan ini tentu menjadi perwujudan sikap perhatian dan kepedulian kita semua, utamanya jajaran FKUB dan PKUB dalam rangka merawat, mempertahankan dan meningkatkan semangat kebangsaan demi terwujudnya cita-cita besar bangsa Indonesia,” ujarnya.

Anggota DPD RI / MPR RI asal Jawa Tengah, Bambang Sutrisno juga menjelaskan, bahwa salah satu tugas anggota DPD RI dapil Provinsi Jawa Tengah yang juga anggota MPR RI adalah mensosialisasikan 4 pilar kebangsaan, karena 4 pilar tersebut adalah dasar dan pondasi negara kita.

“Ini adalah tugas kita bersama. Tanpa dukungan dari seluruh masyarakat, Pemerintah akan merasa kewalahan,” katanya.

Ketua komisi Dialog FKUB Klaten Moch.Isnaeni menyampaikan sosialisasi 4 Pilar kebangsaan yang saat ini lebih populer dengan sebutan 4 konsensus nasional kebangsaan di Kabupaten Klaten adalah untuk memberikan bekal pengetahuan kepada pengurus FKUB Klaten dan PKUB Kecamatan dan Desa/ Kelurahan di Klaten Jawa Tengah untuk pemberdayaan dan penguatan kelembagaan.

“Kegiatan ini diikuti Pengurus FKUB Kabupaten Klaten, pengurus PKUB Kecamatan dan Desa/Kelurahan di Klaten, pengurus PKUB Kecamatan dan Desa/Kelurahan, FKUB Perempuan Klaten serta tokoh lintas agama di Klaten juga dihadiri Forkompinda dan Camat Klaten Utara.” katanya. ( *Moch.Isnaeni* )

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Comments are closed.