fbpx
Sunday 19th May 2024

Halal bi Halal dan Pembinaan Tim Penggerak PKK Desa Brangkal Klaten

By: On:

 

KABARKLATEN.COM_Tim Penggerak PKK Desa Brangkal kecamatan Karanganom menyelenggarakan pertemuan rutin sekaligus halal bi halal dan pembinaan kepada anggota dan pengurus PKK Desa Brangkal pada hari Senin (22/4/2024) di Taman Latar Ombo Nglorok Rejo desa Jeblog Klaten.

Acara tersebut dihadiri oleh sekitar 100 orang terdiri dari pengurus, anggota PKK, kepala desa, bidan desa Brangkal Hj. Rina Setyowati, dan ketua TP PKK kecamatan Karanganom Ani Joko Handoyo (Johan). Selain itu hadir Drs. H. Muslih, MM, kepala KUA Karanganom perioden tahun 2017-2022 sebagai pemberi tausiyah dalam acara tersebut.

Pertemuan PKK kali ini berbeda dari bulan-bulan sebelumnya dimana pertemuan rutin diadakan di Joglo Badal Desa Brangkal. Namun, bulan April ini diadakan di luar desa Brangkal yaitu di Taman Latar Ombo Nglorok Rejo desa Jeblog. Menurut ketua TP PKK desa Brangkal, Sri Mulsapti bahwa hal ini dimaksudkan untuk membuat suasana baru, santai, dan lebih terjalin keakraban di antara ibu-ibu PKK.

Sementara itu, Ani Johan, ketua TP PKK Kec. Karanganom yang baru dalam sambutannya menyampaikan selamat idufitri mohon maaf lahir batin. Meski Ramadan sudah berlalu ketaatan tetap harus ada makin meningkat. Ibu-ibu harus semangat sebagai kader PKK.

“Apalagi bersamaan dengan peringatan Hari Kartini maka ibu-ibu makin semangat melanjutkan kegiatan-kegiatan yang sudah berjalan. Program-program kerja yang utama dari kabupaten tentang percepatan penurunan stunting tetap dilanjutkan,” beber Ani.

Ani menambahkan bahwa anggaran berkaitan penurunan stunting sudah digelontorkan. Akan tetapi stunting di kabupaten Klaten masih tinggi. Oleh karena itu, lanjut Ani, dari pokja 1 sampai 4 harus ada kerja sama karena masing-masing pokja terkait program dari pusat tersebut. “Selain kerjasama harus ada koordinasi dengan ketua tim penggerak PKK,” pesan Ani mengakhiri sambutannya.

Kemudian hikmah halal bi halal yang disampaikan oleh Drs. H. Muslih, MM. Beliau yang juga menjadi pembina Ponpes Tahfiz Quran Abu Bakar Ash Shiddiq Janti Polanharjo menjelaskan tentang takwa pasca Ramadan.

“Dan bersegeralah kamu kepada ampunan Tuhanmu dan kepada surga yang luasnya seluas langit dan bumi yang disediakan untuk orang-orang yang bertakwa,” jelas Drs. H Muslih, MM.

Ciri-ciri takwa, kata Drs. H. Muslih, MM, yang pertama menafkahkan harta di saat lapang dan sempit. Kedua, perhatikan salat dan peduli terhadap orang lain, fakir, miskin. Ketiga, menahan amarah. Keempat, saling memaafkan.

Pada akhir tausiyahnya, Drs. H. Muslih menekankan tentang perlunya berbuat kebaikan sebagaiamana yang dilakukan RA. Kartini mengajak wanita-wanita pada masanya untuk semangat dalam perubahan dengan menuntut ilmu. “Karena kebaikan mana yang diperbuat yang akan menghantarkan kita masuk surga,” pungkas Drs. H. Muslih.

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Comments are closed.