fbpx
Monday 22nd July 2024

Anif Sholikhin : Moderasi Beragama Untuk Mewujudkan Kerukunan di Masyarakat

KABARKLATEN.COM– Kepala Kantor Kementerian Agama ( Kemenag ) Kabupaten Klaten Anif Sholikhin mengatakan bahwa tokoh lintas agama memiliki peran strategis bagi umat dalam menggerakkan moderasi beragama untuk mewujudkan kerukunan antar umat beragama di masyarakat.

Oleh sebab itu, tugas penguatan kerukunan umat beragama di samping dilakukan oleh pemerintah, juga harus dilakukan oleh para tokoh lintas agama.

Hal ini disampaikan Anif Sholikhin pada acara dialog tentang moderasi beragama dan kerukunan umat beragama yang diselenggarakan oleh Komisi Ukhuwah Islamiyah dan kerukunan umat beragama Majelis Ulama Indonesia ( MUI ) Kabupaten Klaten Rabu ( 22/11/2023 ).

Kegiatan Dialog tentang Moderasi Beragama dan kerukunan umat beragama bagi Tokoh lintas Agama dan Tokoh masyarakat se Kabupaten Klaten ini dimaksudkan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat untuk mewujudkan kerukunan di masyarakat.
“MUI Kabupaten Klaten telah melaksanakan sosialisasi terkait moderasi beragama agar seluruh tokoh lintas agama dapat memberikan rasa nyaman untuk pemeluk agama di Klaten dengan dialog ini”katanya.

Menurut Anif tahun ini sudah memasuki tahun politik. Masyarakat diharapkan tidak mudah terprovokasi dengan kepentingan kelompok atau politisi tertentu yang akhirnya dapat merusak kerukunan beragama yang sudah baik ini.

“Di Kabupaten Klaten ini jangan sampai ada gesekan antar umat beragama karena adanya polarisasi terkait pilihan. Perbedaan pilihan adalah sebuah kewajaran karena kita adalah saudara dalam berbangsa dan bernegara,” ungkapnya.

Melalui kegiatan dialog ini menurut Anif semua pihak dapat bersinergi dengan seluruh pemangku kepentingan maupun tokoh agama sebagai penyejuk dan memberikan rasa aman nyaman kepada seluruh pemeluk agama di Klaten. ( *Moch.Isnaeni* )

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Comments are closed.