fbpx
Sunday 19th May 2024

Agar Air Hujan Tidak “Muspro”, di Desa Tegalmulyo Dibangun Embung Tirto Mulyo

By: On:

KabarKlaten.com – Plt Bupati Klaten Sri Mulyani meresmikan penggunaan Embung Tirto Mulyo di Desa Tegalmulyo, Kecamatan Kemalang, Kabupaten Klaten, Rabu (22/3/2017) pagi. Embung yang berada di lereng Gunung Merapi bagian selatan ini diharapkan mampu menjadi lokasi wisata baru di Klaten.

Plt Bupati Klaten meresmikan penggunaan Embung Tirto Mulyo di Desa Tegal Mulyo, Kemalang.

Plt Bupati Klaten meresmikan penggunaan Embung Tirto Mulyo di Desa Tegal Mulyo, Kemalang.

Embung Tirto Mulyo ini memiliki kedalaman 5 meter dengan luas sekitar 0,6 hektar. Embung yang dibuat sejak Mei 2016 ini ditargetkan mampu menampung air hujan hingga 12.000 meter kubik. Dengan adanya embung ini diharapkan ketersediaan air bagi masyarakat Klaten di lereng Merapi akan lebih tercukupi. Hal ini mengingat di daerah lereng Merapi ini selalu kesulitan air, terutama pada musim kemarau.

Embung ini dibangun di atas tanah kas desa. Embung ini memiliki fungsi utama untuk menahan air hujan agar tidak hilang begitu saja. Sehingga dapat berfungsi sebagai daerah resapan air secara maksimal. Selain itu, keberadaan embung nantinya juga bisa digunakan untuk keperluan warga, terutama jika musim kemarau. Sehingg warga sekitar tidak kesulitan air.

Camat Kemalang Priharsanto menjelaskan, dengan latar belakang Gunung Merapi dan pemandangan alam sekitar yang masih alami, ke depan embung tersebut bisa ditingkatkan menjadi obyek wisata. Hal itu sangat mungkin mengingat keberadaan embung tak jauh dari obyek wisata Delles Indah. “Kita berharap, ke depan embung ini bisa menjadi destinasi wisata pegunungan di Klaten,” harapnya. (L Sukamta)

 

 

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Comments are closed.