fbpx
Monday 4th March 2024

49 Anak KB dan TK Ikuti Outing Class Membuat Batik Ecoprint di Balai Desa Brangkal Klaten

KABARKLATEN.COM_ Dalam rangka meningkatkan kreatifitas anak usia dini, pemerintah desa Brangkal mengadakan Outing Class berupa pelatihan membuat batik ecoprint di pendopo balai desa Brangkal Klaten pada hari Selasa (12/12/2023) pukul 08.00-11.00 WIB.
Pelatihan ini diikuti oleh 49 anak paud yaitu Kelompok Bermain (KB) Bening Hati, Taman Kanak-kanak (TK) Pertiwi Brangkal 1 dan 2. Kegiatan yang menggandeng pihak kecamatan Karanganom ini diselenggarakan dengan menggunakan dana desa tahun 2023.
Batik ecoprint merupakan salah satu jenis batik yang metode pembuatannya memanfaatkan pewarna alami dari tanin atau zat warna daun, akar, atau batang yang diletakkan pada sehelai kain. Tince, salah satu pendamping pelatihan dari kecamatan, menjelaskan bahan dan alat pembuatan batik ecoprint kepada anak-anak paud tersebut.

“Yang disiapkan untuk membuat batik ecoprint adalah kain yang berbentuk tas, daun-daun dan bunga-bunga segar, plastik, serta palu dari kayu,”beber Tince sambil menunjukkan bahan dan alat bahan membuat ecoprint.

Setelah bahan dan peralatan dibagikan kepada anak-anak, para pelatih memulai mendampingi anak-anak membuat ecoprint. Para guru dan wali murid pun ikut membantu anak-anak memasang daun dan bunga ke dalam tas yang diberi plastik. Kemudian anak-anak memukul-mukul tas setelah tas dilapisi plastik lagi hingga tampak gambar daun dan bunga di tas tersebut.

Wening, salah seorang guru di Kelompok Bermain Bening Hati Brangkal sangat senang dengan kegiatan ini. Kebetulan anak-anak di KB tersebut sedang belajar tentang tanaman. Sehingga ini bisa menjadi pembelajaran kepada anak-anak menggunakan bahan-bahan di sekitar sekolah yang ramah lingkungan.

Ia menyampaikan ucapan terima kasih kepada penyelenggara karena anak-anak bertambah kreatif dan mereka belajar mandiri.

“Anak-anak banyak yang mengerjakan sendiri. Mereka semakin bersemangat karena pemerintah desa memberikan kenang-kenangan buku mewarnai dan alat tulis. Semoga acara seperti ini bisa diadakan kembali untuk merangsang kreatifitas anak-anak,” pungkasnya

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Comments are closed.