fbpx
Saturday 22nd June 2024

Peringati HUT ke-73 IBI Cabang Klaten Ranting Jatinom  Gelar Baksos

By: On:

KABARKLATEN.COM_ Dalam bulan bakti Ikatan Bidan Indonesia (IBI), Intenational Day of the Midwife (IDM) HUT IBI ke-73 tahun dan Pekan Imunisasi Dunia, IBI cabang Klaten ranting Jatinom mengadakan bakti sosial (baksos) berupa pelayanan imunisasi serentak oleh bidan dan pelayanan KB Kemitraan dengan BKKBN.  Pelayanan imunisasi serentak oleh bidan telah terlaksana pada tanggal 28 April 2024 bertempat di PMB Siti Sujalmi Socakangsi Kayumas, dengan sasaran bayi usia 0-2 tahun dan sejumlah 66 balita telah terimunisasi.

Adapun pelayanan KB Kemitraan dengan BKKBN dilaksanakan pada hari Sabtu (18/5/2024) di Praktek Bersama Bekti Husada Dukuh Polodadi, Tarubasan, Kec. Karanganom. Acara pembukaan pelayanan KB dihadiri Hj. Nuryanti, SKM (Kabid. Pengendalian Penduduk dan KB DissosP3APPKB Klaten), ketua IBI Cabang Klaten sekaligus pemilik Praktek bersama Bekti Husada Hj. Bekti Sayekti, SSiT.Bdn. MKes, jajaran Forkompincam Karanganom dan Jatinom. Penyelenggara turut pula mengundang Camat Karanganon dan Jatinom, kepala KUA Karanganom, para penyuluh KB, kepala puskesmas Karanganom, Jatinom, dan Kayumas. Hadir pula dalam acara tersebut ketua TP PKK Karanganom, para kader  Sub Pembantu Pelayanan Keluarga Berencana Desa (PPKBD), dan para mitra bidan  IBI ranting Jatinom.

Dalam sambutan ketua penyelenggara sekaligus ketua IBI ranting Jatinom, Hj. Rina Setyowati, S.Tr. Keb. Bdn bahwa pada kegiatan pelayanan KB ini menggunakan Metode Kontrasepsi Jangka Panjang (MKJP) IUD dan Implant. Adapun tujuan kegiatan ini meningkatkan kesadaran pasangan usia subur (PUS) untuk ber-KB jangka panjang sehingga bisa lebih menyejahterakan keluarga.

“Tujuan yang selanjutnya meningkatkan cakupan PUS yang terlayani KB MKJP,” tambah Rina.

Sasaran pelayanan KB ini, lanjut Rina, adalah wanita usia subur (WUS) dari PUS di wilayah Karanganom dan Jatinom sejumlah 65 akseptor (implant dan IUD).

“Dalam pelaksanaannya, IBI ranting Jatinom dibantu kader Sub PPKBD dalam pencarian akseptor sedangkan dalam penyediaan sarana dan alat kontrasepsi dibantu penyuluh lapangan KB (PLKB),” beber Rina.   

Hj. Bekti Sayekti, ketua IBI dalam sambutannya mengucapkan terima kasih kepada IBI ranting Jatinom karena turut serta menyukseskan kegiatan baksos tersebut.
“Harapan kami agar kegiatan ini bisa memberikan manfaat kepada masyarakat di wilayah Karaganom dan Jatinom. Dengan adanya perencanaan dalam keluarga tersebut bisa membuat keluarga lebih sehat dan sejahtera dengan tercetaknya generasi yang berkualitas serta anti stunting,” tutur Bekti.

Kabid Dalduk dan KB DissosP3APPKB, Hj. Nuryanti, SKM. menyampaikan ucapan selamat kepada IBI cabang Klaten di HUT-nya yang ke-73 dan melakukan kerjasama dengan BKKBN dalam pelaksanaan kegaiatan pelayanan KB bagi ibi-ibu PUS. Baksos pelayanan imunisasi dan KB ini tidak lain untuk kesehatan ibu dan anak.

“Setiap HUT IBI pasti mengadakan kegiatan pelayanan imunisasi dan KB serta penyuluhan kesehatan reproduksi. Kegiatan baksos ini tidak hanya di sini tapi di beberapa wilayah di Klaten sehingga dengan kegiatan seperti ini akan segera mencapai target sejumlah 5122 akseptor di Klaten.,”tutur Nuryanti.

Guna mencapai target tesebut, Nuryanti menabahkan bahwa BKKBN berusaha meningkatkan layanan masyrakat dengan menyediakan sarana prasarana dan alat kontrasepsi serta sejumlah 95  fasilitas kesehatan berasal dari pemerintah dan swasta.

“Sebagaimana surat edaran Bupati untuk mencegah stunting dilakukan KB pasca salin. TP PKK bisa mendampingi saat ibu hamil dan nantinya akan melaporkan capaian berapa ibu hamil yang melahirkan dan sudah KB. Maka dari itu, alat kontrasepsi akan selalu disiapkan dan jangan sampai kekurangan. Sehingga jika ada yang akan KB, tidak ada penolakan gara-gara tidak ada stok alat kontrasespsi,” kata Nuryanti mengakhiri sambutannya.

Setelah acara pembukaan selesai dilanjutkan pelayanan KB MKJP IUB dan Implant oleh para bidan kepada 65 akseptor yang telah didaftar oleh Sub PPKBD.

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Comments are closed.