fbpx
Monday 22nd July 2024

Sambut Tahun Baru Muharam, Kadarwati Gelar Sarasehan Budaya

By: On:

KABARKLATEN.COM_ Anggota DPRD Jawa Tengah Dapil VII fraksi PDI Perjuangan, Kadarwati menggelar acara sarasehan dalam rangka menyambut tahun baru 1 Muharam bersama warga Desa Sabranglor, Kecamatan Trucuk, Kabupaten Klaten.

Pada sarasehan saat ini mengambil tema “Menghidupkan Warisan Budaya Bangsa, dengan Musik Gending Jawa dan Campur Sari”.

Disela-sela kegiatan tersebut, Kadarwati mengatakan, dalam rangka menyambut tahun baru 1 Muharam dan sekaligus tanggal 1 Suro untuk tahun Jawa, sarasehan budaya ini diadakan.

” Kita adakan sarasehan budaya ini dalam rangka menyambut tahun baru Muharam atau 1 Suro, dengan menyajikan alaunan Irama Gending Jawa dan campur sari”, ungkap Kadarwati, Senin (08/07/2024) malam hari, di gedung pertemuan Desa Sabranglor.

Menurutnya, dengan irama Gending Jawa ataupun campursari dapat menenangkan hati serta pikiran.

“Saat kita dengar tembang Jawa, jiwa menjadi tenang dan emosi terkendali, maka akan tercipta kenyamanan hidup, misal tembang gugur gunung yang melambangkan jiwa kegotong royongan”, imbuhnya.

Hal senada disampaikan oleh ketua DPRD Kabupaten Klaten Hamenang Wajar Ismoyo, bahwa sebagai penerus bangsa kita perlu melestarikan budaya, ia mengapresiasi terhadap upaya pelestarian seni budaya tradisional yang dilakukan oleh anggota DPRD Provinsi Jawa Tengah Kadarwati. Bentuk kegiatan tersebut sangat bermanfaat melestarikan budaya bangsa.(din)

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Comments are closed.