fbpx
Tuesday 22nd October 2024

Sambang Warga Desa Somokaton, Dari Irigasi Hingga Kesenian Jadi Perhatian Bupati

KABARKLATEN.COM_ Desa Somokaton, Kecamatan Karangnongko menjadi lokasi program Sambang Warga yang digelar Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Klaten, Selasa (24/9/2024). Agenda tersebut dihadiri langsung oleh Bupati Klaten, Sri Mulyani untuk menyapa dan mendengarkan aspirasi masyarakat setempat.

Dalam kesempatan tersebut, Kepala Desa Somokaton, Dwi Dono Lisnanto menyampaikan beberapa hal penting yang menjadi aspirasi masyarakat. Di antaranya pembangunan dan perbaikan saluran irigasi, optimalisasi jalan usaha tani, hingga alat mesin pertanian (alsintan) untuk menunjang sektor pertanian.

“Pertanian merupakan salah satu mata pencaharian sebagian besar masyarakat Desa Somokaton,” katanya.

Selain itu, Kades Dwi juga mengungkapkan Pemdes Somokaton membutuhkan dukungan Pemkab Klaten untuk revitalisasi sumber air Tirto Katon. Menurutnya sumber air ini bukan hanya menunjang sektor pariwisata dan irigasi pertanian, namun juga sebagai sumber air bersih yang dimanfaatkan masyarakat.

Di sektor seni budaya, ia menambahkan perlunya dukungan bagi kelompok kesenian masyarakat sebagai upaya pelestarian budaya di Desa Somokaton. “Pemdes sudah memberikan bantuan stimulan bagi kelompok seni, namun untuk meningkatkan produktivitas kelompok seni, kami mohon dukungannya dari Pemkab Klaten,” ujarnya.

Bupati Klaten, Sri Mulyani mengapresiasi aspirasi yang disampaikan oleh Kades Somokaton. Hal ini lantaran aspirasi yang disampaikan mencakup banyak sektor dan manfaatnya menyasar masyarakat secara langsung. Bupati juga meminta OPD terkait untuk meninjau aspirasi tersebut.

“Aspirasi dari Desa Somokaton akan segera kami tindak lanjuti. Saya telah meminta OPD terkait untuk meninjau dan memberikan solusi yang tepat demi kesejahteraan masyarakat desa,” jelasnya.

Dalam kesempatan tersebut, Bupati juga menyalurkan bantuan sosial dan pendidikan kepada masyarakat desa setempat yang membutuhkan. Sambang Warga di Desa Somokaton merupakan sambang warga ke-20 yang digelar di tahun ini.

Sambang Warga merupakan program kegiatan yang rutin digelar sebagai media pertemuan antara Pemkab Klaten dengan masyarakat secara langsung. Kegiatan ini sekaligus dijadikan sebagai media untuk bersilaturahmi oleh pemerintah daerah, menerima saran dan masukan, serta menyerap aspirasi dari seluruh warga masyarakat. (ans-ang/din) 

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Comments are closed.