fbpx
Tuesday 22nd October 2024

8 Ton Apem Dibagikan di Puncak Tradisi Saparan

By: On:

KABARKLATEN.COM_ Ribuan warga dari berbagai daerah mengikuti tradisi saparan Yaqowiyu di Jatinom Klaten.

Warga memadati Alun-alun Sendang Klampean yang menjadi lokasi sebaran apem untuk mendapatkan apem.

Dalam sebaran apem tahun ini dihadiri Menteri Perekonomian Airlangga Hartanto, Wakil Menteri Desa Tertinggal Paiman Raharjo, Bupati Klaten dan jajaran Forkopimda Kabupaten Klaten.

Lebih dari 8 ton apem dibagikan dalam tradisi sebaran apem tahun ini. Apem tersebut merupakan sumbangan dari Pemerintah Kabupaten Klaten dan warga Jatinom sekitarnya.

“ada 8 ton apem yang dibagikan kepada pengunjung di Alun-alun Klampeyan dari pemkab Klaten dan warga Jatinom sekitarnya”, ungkap Bupati Klaten Sri Mulyani, Jum’at (23/08/2024).

Lebih lanjut Sri Mulyani, mengatakan tradisi sebaran apem Yaqowiyu merupakan peninggalan budaya dari Ki Ageng Gribig yang merupakan tokoh ulama besar di Desa Krajan, Kecamatan Jatinom.

“Tradisi harus terus dilestarikan dan ini salah satu wujud pelestariannya dengan mengadakan tradisi Yaqowiyu”, tegas Sri Mulyani.

Puncak tradisi dilaksanakan usai sholat jum’at yang digelar di Masjid Ghede Jatinom yang berada di kompleks Makam Ki Ageng Gribig. Dan warga yang datang di acara sebaran apem dari berbagai wilayah.

“Dapat apem akan kami bagikan ke tetangga tetangga dan tiap tahun selalu ikut tradisi dan semoga mendapatkan berkah”, pungkas Ridho salah satu pengunjung. (Din)

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Comments are closed.