fbpx
Tuesday 22nd October 2024

Menjanjikan, Agung Lilik Prasetyo, CEO Jejual Ungkap Peluang Besar Bisnis di Era Society 5.0

By: On:

KABARKLATEN.COM_ Yogyakarta – Agung Lilik Prasetyo, CEO Jejual, dalam materi webinar Mahasiswa KKN Kelompok I, STAIT Yogyakarta dengan tajuk “Digital Marketing di Era Society 5.0” memulai paparannya dengan menyampaikan wawasan terkait pengembangan bisnis melalui pendekatan bisnis yang menggunakan teknologi digital sebagai landasan utama.

“Ini sudah mencakup segala aspek dari menciptakan, mengelola, hingga mengembangkan usaha dengan memanfaatkan berbagai solusi digital. Kewirausahaan digital bukan hanya sebatas memiliki keberadaan online, melainkan juga bagaimana memanfaatkan teknologi untuk mengoptimalkan proses bisnis. Hal tersebut membentuk tren kewirausahaan digital terkini meliputi e-commerce, pemasaran digital, dan inovasi teknologi untuk efisiensi,” katanya di awal paparan.

Seperti diketahui, pertumbuhan e-commerce terus meningkat, menciptakan peluang baru bagi pengusaha digital. Berdasarkan publikasi survei BPS, pertumbuhan jumlah usaha e-commerce pada tahun 2022 diperkirakan meningkat sebesar 4,46 persen menjadi 2.995.986 usaha yang tercatat sebagai pertumbuhan e-commerce tercepat kedua setelah Vietnam. Namun, pertumbuhan e-commerce tersebut didominasi oleh usaha dengan pendapatan rendah yaitu kurang dari 300 juta rupiah.

Agung juga memaparkan tentang disrupsi di era Society 5.0, ekosistem Meta Ads, cara kerja digital marketing, serta langkah-langkah praktis dalam beriklan di platform media sosial seperti Facebook. Society 5.0, menurutnya, adalah sebuah konsep masyarakat yang berpusat pada manusia dan berbasis teknologi. Pada era ini, masyarakat diharapkan mampu menyelesaikan berbagai tantangan dan permasalahan sosial dengan memanfaatkan berbagai inovasi yang lahir di era revolusi industri 4.0 untuk meningkatkan kualitas hidup manusia.

“Guna menghadapi era Society 5.0, dunia pendidikan berperan penting dalam meningkatkan kualitas SDM. Peserta didik diharapkan dapat memiliki kecakapan hidup abad 21 yang dikenal dengan istilah 4C, yakni creativity, critical thinking, communication, dan collaboration. Ada tiga hal yang harus dimanfaatkan pendidik di era Society 5.0, antara lain: Internet of Things pada dunia pendidikan (IoT), Virtual/Augmented Reality dalam dunia pendidikan, dan pemanfaatan Artificial Intelligence (AI) untuk mengetahui serta mengidentifikasi kebutuhan pembelajaran yang dibutuhkan oleh peserta didik,” katanya.

Simak informasi tentang STAIT Yogyakarta dan kegiatan kampus lainnya, klik https://staitbiasjogja.ac.id

*Editor : Kelompok 1 Mahasiswa KKN STAIT Yogyakarta 2024*

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Comments are closed.