fbpx
Thursday 9th July 2020

Komitmen Memerangi Covid-19, Rumah Sakit Suradji Tirtonegoro (RSST) Klaten Memberlakukan Wajib Screening

By: On:

Kabarklaten.com — Dalam rangka berupaya penuh turut memerangi penyebaran dan penularan virus covid-19, Instalasi Rawat Jalan Terpadu (IRJT) Rumah Sakit Soeradji Tirtonegoro (RSST) Klaten memberlakukan wajib screening bagi pasien dan pengantar sebelum mendapatkan pelayanan kesehatan. Pelayanan screening dibagi dua, pelayanan bagi pasien yang mendaftar online via whatsapp dan pasien yang mendaftar dengan datang langsung ke rumah sakit.

Menurut Kepala Instalasi Rawat Jalan Terpadu (IRJT) RSST, dr. Puspito Dewi Sp.PD,”Pada tahap screening, pasien akan diperiksa suhu badan, ditanya tentang riwayat kesehatan dan riwayat aktivitas atau perjalanan sebelum pasien datang ke rumah sakit.”

Dua tenda besar di halaman Instalasi Rawat Jalan Terpadu RSST

“Pada tahap screening, pasien melewati proses rongent thorax, apabila ditemukan gejala pnemoni atau gejala yang mengarah ke covid seperti demam, sakit tenggorokan, mudah letih lesu, gangguan pernafasan, dan batuk pilek pasien akan dialihkan ke poliklinik PIE (Penyakit Infeksi Emerging). Tapi jika hasil rongent normal pasien bisa langsung masuk poliklinik rawat jalan untuk mendapatkan pelayanan kesehatan selanjutnya,” lanjutnya.

Berkaitan dengan mekanisme pendaftaran online pasien, Kepala Instalasi Humas dan Pemasaran, Sri Wardani, SKM menjelaskan ada beberapa persyaratan yang harus dipenuhi. Untuk bisa mendaftar secara online menggunakan aplikasi whatsApp (WA) cukup mengirimkan foto hasil screen shoot kartu Berobat, kartu BPJS, dan rujukan dari faskes pertama dikirimkan ke nomer yang sudah disediakan.

Dia juga mengungkapkan bahwa selama bulan Ramadhan ini, ada pemberlakukan jam khusus untuk bisa mendaftar periksa di instalasi rawat jalan terpadu yaitu dimulai pukul 08.00 sampai dengan pukul 11.30

Hari ini, Rabu (13/05), untuk bisa memberikan kenyamanan bagi para pasien, didirikan dua buah tenda besar untuk mengurai antrian yang diakibatkan adanya proses screening dan sekaligus menerapkan social distancing. (ikapri)

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Tinggalkan Balasan