fbpx
Wednesday 25th November 2020

Bersama Mbah Minto, Owner ‘Dadar Gulung Koming Klaten’ Ini Menjadi Youtuber Inspiratif

By: On:

Kabarklaten.com_ Siapa yang tak kenal Ucup Klaten? Akun youtuber yang belakangan viral dengan ratusan ribu followers karena tayangan video inspiratifnya yang mengajak orang untuk tidak mudik di masa pandemi? Ya, pemilik nama Asli Muhammad Sofyan (31) ini sejak tahun 2013 sudah menekuni hobinya yaitu editing video. Awal menekuni hobi ia hanya sekadar mengisi waktu. Kini, karena kreativitasnya tersebut ia sudah diendorse perusahaan jamu Bejo dan provider Telkomsel.

Ucup dan Mbah Minto, Youtuber asal Klaten

“Saya itu sudah sejak tahun 2013 otak atik video, edit sana sini. Cuma dulu hanya disimpan di galeri untuk koleksi pribadi. Selanjutnya setelah mudeng tentang youtube saya coba masukkan youtube,” kata Ucup saat ditemui wartawan di kediamannya, Krakitan, Bayat, Klaten.

Tokoh ‘simbok’ dalam videonya adalah Mbah Minto, nenek sebatang kara yang tinggal tak jauh dari kediaman Ucup. Wartawan juga sempat menyambangi ke kediamannya.

Mbahe iki wis tuwo, ning nek diajak syuting yo masih seneng wae. Soale malah dadi tontonan sak Indonesia. Ya wis ben, ben ora podo mudik sik. Akeh virus. Mesakake sing neng ngomah (Nenek ini sudah tua, tapi kalau diajak syuting ya masih senang. Soalnya malah jadi tontonan warga se Indonesia. Biarlah, biar tidak pada mudik dulu. Banyak virus. Kasihan yang di rumah-red),” ujar Mbah Minto sembari terkekeh.

Owner stand ‘Dadar Gulung Koming Klaten’ ini tak hanya mahir di bidang editing. Belakangan diketahui bahwa dia adalah wirausahawan yang ubet. Mulai dari usaha foto kopi, kuliner, jasa desain hingga dunia perburungan ia tekuni.

“Editing itu hobi saya. Kalau usaha saya, saya punya stand kuliner ‘Dadar Gulung Koming’ yang buka di daerah Pedan, Wedi dan Klaten Kota,” ujar Ucup.

“Di rumah buka fotokopian, toko snek, jasa buat undangan, jasa desain juga jualan burung,” imbuhnya.

Dia mengungkapkan sejak menyebarnya wabah virus covid-19 stand kulinernya ditutup. Kini fokus stay at home dan editing video. Video bertajuk Gagal Mudik terinspirasi dari pesan Jokowi untuk tetap tinggal di perantauan dan dilarang mudik.

Ucup juga berharap di masa krisis sekarang ini masyarakat benar-benar mematuhi himbuan pemerintah untuk tidak mudik.

“Saya berharap video saya tidak hanya viral, tapi juga pesan saya sampai. Warga perantau jangan sampai mudik dulu. Agar penyebaran virus ini berhenti. Dan semua kembali normal,” tandasnya. ( Ika Pri )

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Tinggalkan Balasan