fbpx
Thursday 9th July 2020

Pusat Pengembangan Sapi Di Jambakan Di Kunjungi Manristek

Kabarklaten.com_ Menteri Riset dan Teknologi (Menristek) RI / Kepala Badan Riset dan Inovasi Nasional, Prof Bambang Permadi Soemantri Brojonegoro, Ph. D, Rabu sore, 18 Desember 2019 mengadakan kunjungan di Pusat Pengembangan Sapi Gama dan Bengkel Ternak kerjasama Fakultas Peternakan UGM dan PT Widodo Makmur Perkasa di Desa Jambakan, Kecamatan Bayat. 

Sekda Klaten Drs H Jaka Sawaldi MM atas nama Bupati Klaten Hj Sri Mulyani dalam sambutannya mengatakan, kerjasama antara PT Widodo Makmur Perkasa dan Fakultas Peternakan UGM untuk meningkatkan produksi sapi di Indonesia. Kemudian untuk meningkatkan produksi daging demi meningkatkan kesejahteraan masyarakat.
Dekan Fakultas Peternakan UGM, Prof Dr Ali Agus, DAA, DEA, IPU, ASEAN, Eng dalam paparannya mengatakan, sapi Gama bisa diartikan Gagah dan Maco dengan produkdi daging yang tinggi. Sedang bengkel ternak untuk merawat sapi lokal yang kurus, sakit-sakitan dan kurang pakan sehingga menghasilkan sapi yang sehat dan gemuk.
Dikatakan, saat ini di Jambakan dilakukan penggemukan 3000 sapi gama. Kemudian kerjasama ini juga melakukan pengembangan ternak ayam dan aneka produknya seperti telur yang nonkolesterol.
Sementara itu Menristek RI, Prof Bambang Permadi Soemantri Brojonegoro, PhD dalam arahannya mengatakan, saat ini konsumsi daging sapi di Indonesia masih rendah, hal itu disebabkan karena daya beli rendah. Dengan program sapi gama semoga dapat menambah pasokan daging untuk memenuhi kebutuhan protein masyarakat.
Dikatakan, saat ini impor daging masih tinggi karena distribusi daging dari daerah masih terkendala transportasi. Apapun alasannya pemerintah dan masyarakat berusaha agar Indonesia tidak impor daging sapi tapi bisa swasembada daging sapi.
Tentang bengkel ternak, Menristek mengapresiasi dan menyambut baik. Dengan perawatan sapi yang baik semoga Indonesia bisa menjadi swasembada daging dan semoga UGM dan PT Widodo Makmur Perkasa dapat terus untuk melakukan kerjasama untuk pengembangan peternakan sapi. ( Red)

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Tinggalkan Balasan