Thursday 21st November 2019

Muhammad Daryanto: Perayaan Kali Ini “Ya Qowiyyu” Genap 400 Tahun

By: On:

Jatinom, KabarKlaten.com_ Hari ini Jum’at (18/10/2019) tradisi perayaan budaya Ya qowiyyu genap 400 tahun. Mulai penanggalan Masehi sejak 1619 sampai 2019, atau penanggalan Jawa yaitu 1541 sampai 1953 wawu.

M. Daryanto Sekretaris P3KAG Saat Wawancara

Sekretaris P3KAG (Pengelola Pelestari Peninggalan Kyahi Ageng Gribig_red) Jatinom, Klaten menjelaskan ada 7 ton kue apem yang disebar, pasalnya tadi malam (17/10) bakda isya pukul 20.00 wib apem bantuan dari masyarakat lebih dari satu kotak besar.
“Tidak hanya dari RT/RW saja, sekarang dari warga kelurahan Posong digerakkan untuk shodaqoh apem ini,” kata Muhammad Daryanto saat dikonfirmasi oleh awak media.

Dia menambahkan, nilai religius dari ya qowiyyu yaitu identik dengan Islam. Kyahi Ageng Gribig menjadikan lafal Asmaul Husna untuk media dakwah.

Tumplek Bleg Menanti Detik-Detik Sebaran 7 Ton Apem

“Dari kata Al qowiyyu (kekuatan-red) maka para santri diajarkan selalu mintalah kekuatan pada Alloh,

“nama Apem dari kata Al Afwan/Al Affun (Alloh pemberi Ampun_red) yaitu mengajarkan pada santi tentang Hablumminalloh dan Hablumminannas bisa tercapai,

“Terakhir, jadilah manusia yang tidak sombong dan mintalah ampun kepada Alloh dan minta maaflah kepada sesamanya,” pungkasnya. (Samini, Ed: Muhammad Hajiono)

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Tinggalkan Balasan