fbpx
Sunday 9th August 2020

Rumahku Sehat, Desaku Aman Dan Nyaman Kkn Desa Kujon Troketon, Pedan, Klaten, Jawa Tengah

By: On:

Kiriman Artikel KKN 

Nama : Zulfa Aini kusuma Wardani
Fakultas: Seni rupa dan desain UNS
Jurusan : Seni Murni

KABARKLATEN.COM_ Dalam rangka untuk melawan serta mencegah corona menyebar ke banyak wilayah terutama dipedesaan, universitas sebelas maret surakarta mengadakan kkn tanggap covid-19 bagi mahasiswa angkatan 2017 di desa/ wilayah masing masing guna syarat kelulusan dan sebagai bukti pengabdian kepada masyarat dengan membantu penyuluhan tentang covid19 dan bagaimana mencegahnya.

Kegiatan saat KKN UNS

Jumat 15 mei 2020 kkn uns tanggap covid19 resmi di buka para mahasiswa resmi memulai kkn. kkn di laksanakan mulai tanggal 15 mei – 30 juni 2020, para mahasiswa di sibukkan dengan agenda kegiatan masing-masing, mahasiswi asal klaten jawa tengah ananda zulfa misalnya, dia membuat berbagai penyuluhan tentang pemahaman terhadap covid19 kepada masyarakat, di desa kujon rt8/ 04, troketon,pedan.

Penyuluhan di mulai untuk segala usia dan melalui media sosial grup wadtsapp rt desa kujon.melalui kkn zulfa juga memberikan penyuluhan menanam sebagai penghilang kejenuhan saat pandemi yang menganjurkan tetap di rumah saja.

Zulfa Aini saat Sosialisasi ke warga 

Awal memulai kegiatan penyuluhan, masyarakat sangat antusias mengenai penyuluhan dan tanya jawab tentang covid-19 mereka juga saling bertukar informasi,dan di sambut bahagia oleh rt setempat Bp Haryanto. Melanjut kegiatan kedua adalah dengan membudidaya lele yang kelak hasilnya akan di bagikan kepada masyarakat guna memberikan lumbung pangan sederhana untuk mencukupi kebutuhan pangan masyarakat yang kurang mampu. Tidak hanya membuat lumbung pangan sederhana pembuatan masker , sabun kertas dan handsanitizer juga di lakukan sebagai upaya supporting pemahaman masyarakat dalam mencegah covid-19.

Pada tahap terakhir akan ada pembagian hasil dari kkn berupa masker, lele yang siap di konsumsi, handsanitizer,benih kangkung, pollybag, dan sabun kertas, semua proses pembenihan hingga proses pembuatan dilaporkan kepada pihak pengawas kkn melalui agenda logbook kkn uns.

Melalui adanya kkn uns tanggap wabah covid-19 di desa kujon dapat lebih mengontrol dan mensadarkan diri akan pentingnya menjaga kesehatan baik diri sendiri sampai keluarga, sosial distancing dan hal-hal yang harus di lakukan saat new normal dengan menjaga protokol keamanan saat keluar rumah.

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Tinggalkan Balasan