Thursday 21st November 2019

Peringatan HAN: Semoga Muncul Orang Hebat Dari Klaten…

KabarKlaten.com – Peringatan Hari Anak  Nasional (HAN) tahun 2017 Kabupaten Klaten yang digelar di Gedung Sunan Pandanaran kompleks Radio Siaran Publik Daerah (RSPD) Klaten pada Rabu (6/9/2017) berlangsung  meriah.

Pentas tari meriahkan peringatan HAN Klaten 2017.

Pentas tari meriahkan peringatan HAN Klaten 2017.

Peringatan HAN diikuti sekitar 750 orang dari unsur pemerintah, masyarakat, sekolah, orang tua, anak, dan pelajar. Acara diisi dengan pementasan para pemenang lomba kejuaraan HUT ke 72 RI dan Hari Jadi Klaten ke 213 tahun 2017, serta pengukuhan Pengurus Forum Anak Klaten (Forankla) periode 2017-2019.

Acara dimeriahkan dengan Pementasan kelompok Marching Band SMP Kristen 1 Klaten, Kelompok Hadroh Madrasyah Ibtidaiyah Negeri (MIN) Karanganom, Tari Kluruk dari SMP Putra Bangsa, dan ikrar “Suara Anak Indonesia”. Juga ada sajian khusus berupa penampilan Kasih Haryono (SMP Negeri 1 Kemalang)  juara Lomba Pidato Bahasa Jawa Tingkat  Jawa Tengah dan Kelompok Paduan Suara dari SMA Negeri 3 Klaten yang beranggotakan 33 personil.

Ikrar “Suara Anak Indonesia” ini antara lain berisi tingkatkan peran anak dalam proses pembangunan, pengendalian peredaran narkotika dan psikotropika serta melindungi anak dari iklan promosi, sponsor dan asap rokok, tingkatkan penggunan internet sehat disertai dengan semangat literasi anak, serta perlindungan anak dari segala bentuk eksploitasi dan kekerasan seksual.

Pada kesempatan itu, Staf Ahli Bupati Klaten Bidang Pemerintahan Sunardi mewakili Plt Bupati Klaten mengukuhkan Pengurus Forankla. Kepengurusan Forankla terdiri dari Pelindung, Penasihat dan Pendamping 6 orang, serta pengurus harian yang meliputi Ketua Maulana Budi Utama (SMK Negeri 1) , Wakil Ketua Cynara Nur Aina (SMA Negeri 2), Sekretatis Khoirosita (MAN), dan Bendahara Widya Nigrum (SMK Negeri 1).

Kepengurusan Forankla dilengkapi dengan Bidang Sosialisasi Hak-Hak Anak Koordinator Nareswari Huwaida dan enam anggota, Bidang Hubungan Antar Lembaga Koordinator Cynara Nur Ayni dan enam anggota, Bidang Seni Budaya Koordinator Siska Rizki Dwi Monita dan enam anggota, serta Bidang Pengembangan Bakat Anak Koordinator Zalza Yulvinda Yasin dan lima anggota.

Sementara itu, Ketua Penyelenggara Sri Widodo dalam laporannya menyampaikan, peringatan HAN ini bertujuan untuk menumbuhkan kepedulian kesadaran dan peran aktif setiap individu keluarga masyarakat, pemerintah, dan lain-lain tentang pentingnya membangun karakter anak, mendorong pengembangan kebijakan Klaten Kota Layak Anak ke tingkat kecamatan dan desa, serta meningkatkan jejaring kerja dan kemitraaan antara pemerintah dan masyarakat, Ormas, LSM, dan lainnya.

Sedang Staf Ahli Bupati Bidang Pemerintahan Sunardi mewakili Plt Bupati Klaten menyatakan, melihat penampilan anak-anak dalam peringatan HAN tahun 2017 ini membuat pemerintah dan masyarakat Klaten bangga, karena menampilkan kemampuan yang menakjubkan. Keberhasilan ini tidak lepas dari peran orang tua, pembimbing, dan pengelola sekolah sehingga mampu tampil maksimal.

“Pemkab Klaten mengapresiasi semua yang terlibat dalam kegiatan ini. Semoga ke depan muncul orang hebat dari Klaten,” harapnya. (L Sukamta)

 

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Tinggalkan Balasan