fbpx
Wednesday 12th August 2020

Mahasiswa Melakukan KKN Covid-19 UNS 2020 di RT03/RW02, Desa Mendak, Kecamatan Delanggu, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah

By: On:

Fitria Agni Kusumawati
Mahasiswa S1 Agribisnis Fakultas Pertanian UNS
Artikel Kegiatan KKN

DELANGGU, Kabar Klaten – Telah terlaksana kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta di RT 03/ RW 02 Dusun Mendak, Desa Mendak, Kecamatan Delanggu, Kabupaten Klaten. KKN yang dimulai pada 19 Mei 2020 hingga 20 Juni 2020 ini dilaksanakan saat pandemi Covid-19. Kegiatan KKN dilakukan secara individu oleh Fitria Agni Kusumawati (NIM H0817036) di bawah bimbingan Bapak Ir. Dr. Jaka Suyana, M.Si. Dengan terlaksananya program KKN Covid-19 di lingkungan tempat tinggal mahasiswa ini diharapkan dapat membantu masyarakat dalam menghadapi pandemi Covid-19.

Fitria saat melakukan kegiatan KKN di Delanggu Klaten

Kegiatan KKN Covid-19 di Dusun Mendak ini mengusung judul “Supporting Pemahaman Masyarakat Terhadap Covid-19 Di Rt03/Rw02, Desa Mendak, Kecamatan Delanggu, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah dan Masyarakat Luas”. Ada beberapa program kerja yang disusun dan dilaksanakan untuk mencapai tujuan dari KKN tersebut, diantaranya adalah sosialisasi pemahaman seperti gejala Covid-19, cara pencegahan dan pentingnya mencuci tangan serta memakai masker. Selain itu dilakukan juga pembuatan video cara mencuci tangan dan menggunakan masker dengan benar serta menjawab beberapa pertanyaan yang sering ditanyakan masyarakat selama pandemi Covid-19.

Fitria Agni Kusuma Mahasiswa KKN UNS

Program kerja yang dilakukan lainnya yaitu pengadaan sabun cuci tangan di tempat umum yang ada di Rt03/Rw02 Desa Mendak. Tujuan dari pengadaan sabun cuci tangan ini yaitu memfasilitasi warga untuk senantiasa menjaga kebersihan tangan selama pandemi Covid-19 ini. Program kerja yang selanjutnya yaitu penempelan poster terkait gejala dan cara pencegahan Covid-19 yang ditempelkan di poskamling dan tembok di gang jalan warga, tujuannya yaitu untuk mengingatkan kepada warga sekitar agar senantiasa waspada terhadap Covid-19. Program kerja yang terakhir yaitu membagikan masker dan handsanitizer kepada warga sekitar sebagai supporting terhadap keselamatan terhadap Covid-19. Disela-sela keberjalanan KKN Covid-19 saya juga melakukan update perkembangan Covid-19 yang ada di Kabupaten Klaten sebagai informasi terkini untuk warga Rt03/Rw02 Desa Mendak agar tahu mengenai perkembangan Covid-19 di Kabupaten Klaten.

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Tinggalkan Balasan