Thursday 21st November 2019

Dr. Tri Kuncoro: Cegah Bunuh Diri, Hilangkan Stigma!! Gangguan Jiwa Bukan Penyakit Memalukan

By: On:

kabarklaten.com_ Hari Kesehatan Jiwa sedunia ( World Mental Health Day) jatuh pada tanggal 10 Oktober. Hari kesehatan jiwa Sedunia diadakan bertujuan untuk meningkatkan kesadaran akan masalah Mental.

Dr.Tri Kuncoro saat ditemui kabarklaten.com di ruang kerjanya

Direktur utama RSJD Dr. RM Soedjarwadi Klaten Dr. Tri Kuncoro saat ditemui kabarklaten.com mengutarakan, bahwa slogan hari kesehatan jiwa Sedunia tahun ini WHO mengambil tema ” Cegah Bunuh Diri”.
” Pencegahan Bunuh diri, adalah slogan yang diambil untuk meningkatkan kesadaran masyarakat tentang kesadaran mental,” Kata Dr. Tri Kuncoro Jum’at ( 11/10)
Lebih lanjut ia mengatakan, who mencatat bahwa 800.000 lebih pertahun orang meninggal karena bunuh diri.
” Coba kita perhatikan jika 800.000 orang pertahun meninggal dunia karena bunuh diri perhari ada berapa orang bunuh diri,” lanjutnya.
Dikatakan Dr. Tri Kuncoro, bahwa gangguan jiwa menjadi salah satu penyebab utama orang melakukan bunuh diri.
” Depresi, dibully putus cinta dan gangguan jiwa apa saja yang bisa membuat orang melakukan bunuh diri, jika kita tidak mau peduli terhadap sesama kita,” imbuhnya.
Gangguan jiwa bukan merupakan penyakit yang memalukan. Sebagai sesama manusia kita harus menghilangkan stigma bahwa orang yang terkena gangguan jiwa bukan orang yang memalukan, juga bukan orang yang tidak berguna.
” Jika ada orang yang terkena gangguan jiwa seharusnya kita antara ke Rumah Sakit jiwa, agar bisa sembuh dapat bersosialisasi lagi dengan masyarakat dan bisa berkarya lagi,” Pungkas Dr.Tri Kuncoro ( Widi)

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Tinggalkan Balasan