Wednesday 1st April 2020

Dandim 0723 Klaten Sosialisasi Wawasan Kebangsaan Ke Pelajar dan Tokoh Masyarakat

Kabarklaten.com_Wawasan kebangsaan adalah salah satu cara TNI Angkatan Darat mengajak komponen masyarakat untuk bersama-sama membangun bangsa terutama pada pembentukan masyarakat yang berkarakter.

Letkol KAV Minarso Dandim 0723 Klaten saat menyampaikan materi Wawasan Kebangsaan.

Hal ini disampaikan Dandim 0723 Klaten Letkol KAV Minarso saat menyampaikan materi wawasan kebangsaan kepada para undangan yakni dari tokoh masyarakat, ulama, Siswa siswi dan guru SMK N 3 Klaten, SMA Negeri 1 Klaten, SMP N 2 Klaten, guru SD N 1 dan 2 ngepos serta Mahasiswa UNWIDA dan STIKES Klaten saat sosialisasi wawasan kebangsaan di aula Makodim 0723 Klaten.
” tujuan Wawasan kebangsaan adalah Menumbuhkan rasa cinta tanah air dan mempererat Kebineka Tunggal Eka-an dalam menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia serta membentuk Kemanunggalan TNI dan rakyat,” Papar Letkol KAV Minarso, Jum’at (11/12).
Letkol KAV Minarso berharap, dengan adanya pembinaan wawasan kebangsaan dapat menggugah jiwa untuk mempunyai rasa tanggung jawab kepada bangsa dan Negara.
” Nasib bangsa dan Negara Jadi tanggung jawab bersama, dengan pembinaan ini akan menumbuhkan rasa cinta bangsa dan Negara serta memperkokoh persatuan dan kesatuan,” Imbuh Letkol KAV Minarso.
Hal senada disampaikan Pasi Inteldim 0723 Klaten Kapten Arm Sahono, wawasan kebangsaan adalah cara pandang bangsa Indonesia terhadap diri sendiri dan lingkungannya dalam mencapai tujuan Nasional.
” Bela negara adalah salah satu upaya dalam mempertahankan dan membela negara dalam keberlangsungan hidup berbangsa dan bernegara sesuai dengan tujuan nasional kita,” Kata Kapten Arm Sahono.
Dikatakan kapten Arm Sahono Negara dikatakan kuat pertahanan negaranya apabila bangsa itu bersatu padu untuk mempertahankan dan memperjuangkan serta melindungi hak-hak warga negaranya.
” Indonesia akan ditakuti dan disegani oleh negara lain apalagi seluruh elemen bangsa bersatu padu dalam pertahanan negara, ” Ungkap kapten Arm Sahono.
Dikatakannya, era globalisasi menjadi salah satu pemicu menurunnya semangat jiwa nasionalisme yang dulu telah di contohkan oleh para pahlawan.
” Sesuai pasal 27 ayat 3 ( UUD 45) berbunyi bahwa setiap warga negara berhak dan wajib ikut serta dalam upaya pembelaan negara. Serta nilai-nilai dasar bela negara itu meliputi, Cinta tanah air, Kesadaran Berbangsa dan bernegara, Pancasila sebagai ideologi negara, Rela berkorban untuk bangsa dan negara, serta memiliki kemampuan awal bela negara,” Sebut kapten Arm Sahono.
Sementara itu Siswa SMK N 3 Klaten Gilang Surya Saputra merasa senang dapat mengikuti pembinaan wawasan kebangsaan yang dilaksanakan di Makodim 0723 Klaten.
Menurutnya wawasan kebangsaan ini sangat bermanfaat bagi pelajar.
” ” Kegiatan ini sangat bagus karena tidak ada di kurikulum pelajaran, kita semua dapat pengetahuan yang baru bahwa ternyata kedepan akan mendapatkan tantangan yang berat jika tidak dipersiapkan dari awal dalam membela negara,” Pungkasnya (Udin)

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Tinggalkan Balasan