fbpx
Saturday 19th September 2020

Antisipasi Konflik Sosial Pelajar, Sat Binmas Polres Klaten Gelar FGD

By: On:

Kabarklaten.com — Satbinmas Polres Klaten, Selasa (28/07/2020) dengan tetap melaksanakan protokol kesehatan, menggelar Forum Group Discussion (FGD) di Rumah Makan Mbah Darmo dengan pemateri, Drs. Lasa, MM, Kepala Bidang Pembinaan Sekolah Menengah Pertama Dinas Pendidikan Klaten dengan tajuk Antisipasi Konflik sosial Pelajar Antar Sekolah.

Dalam materinya, Lasa menggunakan teori sosiologi pendidikan untuk menganalisis sebab munculnya konflik sosial remaja.

“Sosiologi pendidikan memiliki tujuan salah satunya untuk bisa menganalisis proses sosialisasi anak, baik dalam keluarga, sekolah, maupun masyarakat dari pengaruh lingkungan dan kebudayaan masyarakat. Dimana sekolah juga harus mengetahui bagaimana proses sosialisasi siswa yang dilakukan di lingkungan keluarga, masyarakat terlebih lagi dilingkungan sekolah. Karena dilingkungan sekolah merupakan rumah kedua bagi siswa dan guru pun merupakan orang tua kedua bagi siswa,” tulis Lasa.

Masih dalam materinya,

Konflik sosial di lingkungan sekolah timbul ketika dari siswa muncul kelompok-kelompok atau geng, hal tersebut bisa berkembang menjadi sebuah pembullyan hingga timbul pengakuan dari satu sekolahan tersebut bahwa “saya jagoan”, hal tersebut pemicu awal yang ditambahi dengan pengaruh lingkungan tempat tinggal, keluarga yang broken.

Dalam diskusinya, ia mengatakan peran aparat kepolisian sangat penting dalam rangka ikut meredam konflik antar pelajar,

“Dinas pendidikan mengapresiasi Polsek, Polres bahwa dalam penyelesaian masalah konflik sosial sangat mengedepankan pendekatan restorative justice system yang bila didalami hal tersebut sudah ada sejak dahulu dalam Kearifan lokal budaya kita, orang tua kita dahulu istilahnya mengedepankan musyawarah melalui mufakat dan sudah dipelajari sejak kita sekolah,”

Lasa mengungkapkan harapan adanya sinergisitas antara dinas pendidikan dengan aparat dalam rangka membentuk karakter anak bangsa.

“Kedepannya semoga dinas pendidikan selalu bersinergi dengan pemangku kepentingan dalam rangka membentuk karakter bangsa dan sangat apresiasi dengan kehadiran Polri di sekolah, hal tersebut mampu menjadi terobosan kepolisian dan dinas pendidikan, dan diharapkan dengan kehadiran tersebut mampu menjadi benteng terjadinya Konflik Sosial khususnya di lingkungan sekolah.”

Kasat Binmas Polres Klaten, AKP Totok Mugiyanto, S.sos, MH, menyambut baik ajakan bersinergi ini.

“Kami dari kepolisian juga apresiatif sekali dalam rangka ikut menertibkan anak sekolah dari potensi konflik yang sangat mungkin akan terjadi. Ya, semoga ini menjadi terobosan baru antara diknas pendidikan dan kepolisian dalam membentuk karakter pelajar dan benteng dari konflik pelajar.” (ikapri)

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Tinggalkan Balasan