Thursday 17th October 2019

50 Ormas Belum Daftar di Kesbangpol Klaten

By: On:

KabarKlaten – Jumlah organisasi kemasyarakatan (Ormas) yang mendaftar di Kantor Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Klaten sampai akhir Juli 2017 ini baru sebanyak 53 Ormas dari 103 ormas yang ada di tahun sebelumnya.

Pembicara sedang menyampaikan materi pada acara pembinaan Ormas Klaten.

Pembicara sedang menyampaikan materi pada acara pembinaan Ormas Klaten.

Dengan kata lain, Ormas yang “mati suri” karena tidak mendaftar ada sekitar 50 persen dari data tahun sebelumnya. Karena itu, pengurus Ormas yang belum mendaftar ulang diminta segera mendaftar kembali  sesuai peraturan dan ketentuan yang berlaku.

Hal ini disampaikan Kepala Seksi Ketahanan Seni Budaya, Agama, Kemasyarakatan dan Ekonomi Kantor Kesbangpol Klaten Hartono pada acara Pembinaan Ormas Kabupaten Klaten di Gedung Wanita Klaten, Rabu (9/8/2017).

Pembinaan Ormas  ini diikuti 100 peserta dan menampilkan empat pemateri, yaitu dari Kejaksaan Negeri (Kejari) Klaten, Kepolisian Resor (Polres) Klaten, Komando Distrik Militer (Kodim) 0723 /Klaten, dan Ketua Aliansi Ormas Klaten.

Menurut Hartono, Ormas yang dibentuk oleh anggota masyarakat yang sesuai dengan maksud dan tujuan pendiriannya dapat membantu peran pemerintah dalam pembangunan nasional dalam kerangka Negara Kesatuan Republik Indonesia.

“Berdasarkan pasal 6 UU No 17 tahun 2013, maka peran dan fungsi Ormas ada empat, yakni pengembangan kegiatan organisasi dalam mencapai tujuan, penyalur aspirasi masyarakat, pemberdayaan masyarakat, serta pemelihara dan pelestari norma nliai dan etika dalam kehidupan bermasyarakat berbangsa dan bernegara,” katanya.

Sedang Plt Bupati Klaten Sri Mulyani dalam sambutan tertulis yang dibacakan Asisten Pemerintahan dan Kesra Setda, Edy Hartanto mengatakan, Pemkab Klaten berusaha semaksimal mungkin dalam mencapai tujuan bersama. Namun yang perlu disadari bahwa Pemerintah tidak bisa berjalan sendiri tanpa dukungan pihak lain.

“Maka keterlibatan Ormas menjadi salah satu bagian penting dalam mewujudkannya. Ormas mempunyai peran strategis dalam pembangunan dan pemberdayaaan masyarakat,” ujarnya.

Lebih lanjut Plt Bupati Klaten mengatakan, forum pembinaan Ormas bukan dalam rangka membatasi ataupun mengurangi peran strategis Ormas dalam berkarya, namun dijadikan wahana yang baik untuk berdiskusi dan saling memberikian masukan. “Dengan demikian diharapkan agar Ormas bersama dan berkolaborsi dengan pihak lain untuk dapat menjalankan peran dan fungsinya secara baik dan benar,” pesannya. (L Sukamta)

 

 

 

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Tinggalkan Balasan