fbpx
Thursday 15th July 2021

Lahan Kas Desa Mangkrak, Warga Sulap Menjadi Kolam Ikan

By: On:

KABARKLATEN.COM — (KALIKOTES) Pandemi covid 19 telah berhasil menumbuhkan kreativitas warga untuk bertahan hidup. Ada banyak cara untuk tetap bangkit di tengah kondisi. Di Temenggungan, Gemblegan, Kalikotes, warga mengalih fungsikan persawahan tanah kas desa yang tidak produktif menjadi kolam untuk budidaya ikan. Selanjutnya mereka membentuk kelompok peternak ikan.

Gunadi, salah satu peternak ikan sedanh memberi ikan.

“Lahan ini tidak produktif untuk ditanami, dan banyak sumber airnya. Jadi kami berinisiatif membuat buat kolam ikan saja,” kata Gunadi, anggota kelompok peternak ikan.

Usaha yang sudah dijalankan selama kurang lebih satu tahun ini merupakan penggerak ekonomi rakyat dan hasilnya diharapkan bisa membantu perekonomian warga khususnya yang terdampak pandemi Covid-19.

Langkah ini sebagai solusi tidak dimanfaatkannya lahan kas desa karena memang tidak produktif.
Tak ingin terbengkelai dan sia-sia, warga yang mempunyai kecenderungan beternak ikan mengubah lahan mangkrak ini menjadi lahan budidaya ikan air tawar.

Ada 50an kolam dengan sebaran benih sejumlah 1000 hingga 5000 per kolamnya. Jenis ikan yang dibudidayakan antara lain: lele, nila dan patin. Alih fungsi ini diharapkan mampu membantu perekonomian warga khususnya ditengah pandemi corona.

Widodo (57) sebagai koordinator keamanan kolam saat ditemui tim kabarklaten.com menerangkan bahwa sejak ada kolam dan dikelola oleh kelompok, kondisi yang dulu terkesan gelap dan tidak terawat, kini terang dan bersih. Bahkan hampir setiap sore ramai dengan datangnya warga sekitar untuk sekedar melihat dan turut memberi makan ikan.

“Di sini sebelum dijadikan kolam, sepi. Sekarang ramai orang berkunjung. Sekadar melihat atau turut memberi makan ikan,” tuturnya. (ika/sutris)

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Tinggalkan Balasan