fbpx
Thursday 9th July 2020

Bupati Klaten Ajak Petani Hasilkan Beras Premium

Kabarklaten.com – Berangkat dari hasil penemuan varietas unggulan beras Rojolele Srinar dan Srinuk, Bupati Klaten Sri Mulyani berkeinginan agar para petani Klaten beralih dari konvensional menjadi petani millenial dengan memproduksi beras beras kelas premium plus pola tanam organik.
Hal itu disampaikan Bupati Sri Mulyani saat membuka Rapat Koordinasi Pupuk dan Pestisida Dalam Rangka Menyukseskan Program Swasembada Pangan di Kabupaten Klaten yang bertempat di Pendopo Agung Setda Klaten, (Kamis 13/2/2020)
“Kemarin saya membeli saat di sambang warga ada Beras Mentik Wangi Organik yang dijual dengan kisaran harga 20 ribu sampai 23 ribu per kg. Permintaan pasar juga sangat bagus khususnya luar Klaten. Saat ini para petani yang menanam padi organik misalnya masih sangat sedikit, sehingga ada peluang untuk menggarap beras premium. Apalagi sawah-sawah di Klaten ini subur ” terang Bupati Klaten.
Sebelumnya, ketika Bupati Klaten menghadiri acara Sambang Warga di Desa Brangkal, Wedi maupun Desa Cetan, Ceper, dirinya menerima aspirasi dari para kelompok tani setempat yang ingin berkembang dengan menjadi petani modern. Bahkan ada beberapa kelompok tani yang sudah mulai menghasilkan beras premium dan memasarkannya ke luar daerah. Menurutnya, petani-petani di Klaten tidak hanya selalu menanam padi dengan jenis biasa tapi kini juga sudah memulai menanam padi dengan menghasilkan beras premium yang memiliki nilai ekonomi tinggi.
“Agar para petani di Klaten ini pola tanamnya bergeser, yang ditanam pun tidak hanya padi yang biasa tapi juga beralih menanam padi yang dijual premium. Kalau dijual premium tingkat peminatnya sangat banyak. Nanti saya akan meluangkan waktu untuk berdialog dengan petani-petani di Klaten bagaimana para petani mau merubah dari petani biasa menjadi petani millenial” pungkasnya.(Red)

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Tinggalkan Balasan