Wednesday 1st April 2020

100 Pelaku UMKM Klaster Batik dan Lurik Ikuti Temu Usaha

Kabarklaten.com_ Sebanyak 100 pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) klaster batik dan lurik di Kabupaten Klaten, mengikuti matchmaking atau temu usaha dalam rangka pengembangan kemitraan antara usaha besar dengan UMKM batik dan lurik yang diadakan di Hotel Grand Tjokro Klaten.(13/11/2019) Pagi.

Acara tersebut dibuka Bupati Klaten Hj Sri Mulyani yang diwakili Pelaksana Tugas (Plt) Asisten 2 Sekda Klaten, Drs H Bambang Sigit Sinugroho MM.

Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kabupaten Klaten, Agus Suprapto, SSos, MSi selaku panitia penyelenggara dalam laporannya mengatakan, narasumber temu usaha UMKM klaster batik dan lurik ada tiga orang masing-masing Purwanti Puji Astuti dan Taman Wicata Candi (TWC) Prambanan, Joko Purwono dari Bukalapak dan Kabag Perekonomian Setda Klaten Ir Cahyo Dwi Setyanta MSi dan dipandu moderator Joko Krismanto SSos dari DPMPTSP Kabupaten Klaten.

Dijelaskan, tujuan kegiatan temu usaha antara usaha besar dengan UMKM klaster batik dan lurik untuk memberikan fasilitasi UMKM klaster batik dan lurik di Klaten terkait kemitraan dengan usaha besar, kemudahan akses perizinan, pemasaran produk serta kemudahan akses permodalan.

“Output yang diharapkan melalui kegiatan ini yakni terwujudnya kerjasama strategis antara usaha besar dan UMKM di Kabupaten Klaten,” katanya.

Sementara itu, lanjut Agus, menegaskan, pada kegiatan ini DPMPTSP Kabupaten Klaten melibatkan beberapa instansi karena ingin memberikan fasilitasi UMKM klaster batik dan lurik di Klaten mulai menjalin kemitraan dengan usaha besar seperti TWC Prambanan.

“Kemudahan akses perizinan dari DPMPTSP Klaten, terkait pemasaran produk dengan Bukalapak dan terkait kemudahan akses permodalan dengan Bagian Perekonomian Setda Klaten,” imbuhnya.

Bupati Klaten Hj Sri Mulyani dalam sambutan yang dibacakan Plt Asisten 2 Sekda Klaten, Drs H Bambang Sigit Sinugroho MM mengatakan, melalui temu usaha UMKM klaster batik dan lurik menjadi ajang komunikasi dan ajang sharing antara pemerintah dan UMKM di Klaten.

Sehingga pemerintah dapat mengetahui permasalahan yang dihadapi UMKM dalam mengembangkan usahanya serta dapat memberikan fasilitasi dan solusi untuk mengatasi segala permasalahannya.

Dikatakan, UMKM dewasa ini menjadi perhatian pemerintah karena berkaitan dengan pembangunan ekonomi masyarakat sebagaimana diatur dalam Undang-Undang (UU) Nomor 20 Tahun 2008 tentang UMKM dan Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 17 Tahun 2013 tentang pelaksanaan UU Nomor 20 tahun 2018 tentang UMKM.

“Peran serta pemerintah untuk memberikan dukungan kepada perkembangan UMKM sangat diperlukan,” paparnya.

Menurut Bupati Klaten, berbicara UMKM tentunya tidak terlepas dari akses permodalan, maka dari Penanaman Modal Dalam Negeri (PMDN) dan Penanaman Modal Asing (PMA) seharusnya dapat memberi kemudahan bagi pelaku UMKM dalam mengembangkan usahanya.

Dengan ditetapkannya UU Nomor 25 tahun 2007 tentang penanaman modal telah mengakhiri dualisme pengaturan tentang penanaman modal baik penanaman modal dalam negeri maupun penanaman modal asing.

Ditambahkan, melalui Pasal 13 UU Nomor 25 tahun 2007 tentang penanaman modal pemerintah wajib menetapkan bidang usaha yang dicadangkan untuk UMKM serta melakukan pembinaan dan pengembangan usaha melalui kemitraan, peningkatan daya saing dan perluasan pasar.

“UMKM melalui peran yang sangat penting dan merupakan salah satu sasaran utama dalam UU Nomor 25 tahun 2007 tentang penanaman modal di Indonesia,

” sehingga Pemkab Klaten memberikan perhatian serius dalam pengembangan UMKM,” tandasnya.

Sedangkan Joko Purwono dari Bukalapak pada kesempatan itu menyatakan, siap memberikan pelatihan bagi pelaku UMKM di Klaten khususnya klaster batik dan lurik melalui jual beli online.

Dengan begitu nantinya produk batik dan lurik di Klaten semakin dapat berkembang dengan didukung sistem penjualan online berbasis internet yang kini semakin diminati masyarakat.(Samini/Ed: Muhammad Hajiono)

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Tinggalkan Balasan