Thursday 17th October 2019

Paguyuban Ngesti Budoyo Seman Berulang Tahun Ke-37, Kades Surono Siap Anggarkan Pelestarian Budaya Tahun 2020

Jatinom, KabarKlaten.com_ Pagelaran Seni Budaya ini dalam rangka ulang tahun “Paguyuban Reog Jathilan Ngesti Budoyo” yang ke-37 dan Dirgahayu Republik Indonesia Ke-74, bertempat di pelataran TK Pertiwi Bonyokan, kecamatan Jatinom, kabupaten Klaten. (29-9) siang.

Personil Reog Jathilan Dukuh Seman Sedang Menghibur Penonton (29-9)

Tampak ratusan penonton memadati arena pentas seni. Mayoritas pemain dari kalangan anak muda dusun Seman, desa Bonyokan, kecamatan Jatinom. Juga, dari rekan seniman Gedrug New Permadi 76, Jetis, Socokangsi, Jatinom.

Saat acara berlangsung, hadir pula Kepala Desa Bonyokan, yang tertegun dengan beberapa suguhan dari warganya.
Diakuinya, baru pertama kali melihat dan menunggui sajian Reog Jathilan Ngesti Budoyo dan berjanji memihaki dari dana desa tahun 2020.
“Saya kepala desa yang baru, mulai Maret kemarin. Dan, nanti tahun 2020 akan Kami pihaki untuk pelestarian budaya yang Adi luhung Reog Jathilan dusun Seman ini, mas,” ucapnya.

Ketua Paguyuban Reog Jathilan Ngesti Budoyo, Eri Wiyono menjelaskan semua dana ulang tahun berasal dari para donatur perantauan dan warga dusun Seman,
“Rute awal urut dari pelataran Sendang Tirto Mulyo, kemudian diarak keliling dusun, kembali lagi ke Sendang dan acara reog jathilan dimulai,” jelasnya.

Pengunjung dari dusun Jagran, desa Pandeyan merasa senang sekaligus terhibur dengan adanya pagelaran seni reog jathilan.
“Seru sekali mas, jadi deg-degan saat pemain kesurupan sampai nabrak kami berdua,” pungkas Fania, tetangganya Tiara. (Samini/Ed: Muhammad Hajiono)

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Tinggalkan Balasan