Thursday 17th October 2019

Lestarikan Budaya, Desa Bono Gelar Kirab Sedekah Bumi

Kabarklaten.com_ Untuk melestarikan budaya jawa, ribuan warga di Dukuh Ngalian, Desa Bono, Kecamatan Tulung, Klaten beserta Warga sekitar mengikuti kirab budaya sedekah bumi. Dalam acara ini dihadiri oleh keluarga besar keraton Kasultanan Surakarta Hadiningrat.

Warga masyarakat saat ikuti kirab

Ketua panitia pelaksana Setiyono mengungkapkan, acara kirab budaya sedekah bumi ke 4 tahun ini bertujuan untuk mengucapkan rasa syukur kehadirat Allah SWT atas nikmat yang diberikan kepada warga Desa Bono dan sekitarnya.
” Itu bentuk rasa syukur kehadirat Allah, serta untuk melestarikanz budaya Jawa ibarat bahasa jawa uri uri Budoyo jowo,” katanya Minggu ( 22/09) 
Dia menjelaskan, dalam kirab sedekah bumi ini, Warga Masyarakat juga sangat senang dengan ikut andil dalam acara ini.
” Selain warga Bono, juga hadir warga pomah, Krajan, ponpes Mbah Liem serta perwakilan RT atau dukuh sekelurahan Bono,” Imbuhnya
Dalam acara sedekah bumi ini kepala desa Bono Bakdiyono menyampaikan akan mendukung event budaya yang secara rutin dilakukan di bulan Suro.
” Kami selalu mendukung dan akan terus melestarikan budaya yang ada di desa Bono,” ucapnya.
Sementara itu camat Tulung Rohcmad mengatakan, event budaya di tahun ini terasa sangat istimewa karena banyak pihak ikut mendukung.
” Agar acara ini terasa istimewa, maka kami koordinasi dengan panitia untuk menghadirkan bupati Klaten,”jelasnya.
Dalam sambutannya mewakili Bupati Klaten Rony Roekmito menyampaikan gelar budaya sedekah bumi ini merupakan bentuk riil dalam memaknai dan melestarikan budaya, Pungkasnya ( Sri Mulyo)

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Tinggalkan Balasan