Monday 1st June 2020

Fokus Pentas Seni di Kecamatan dan Desa, Pemkab Hibahkan Rp1,7 M

KabarKlaten.com_ Melalui APBD (Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah) tahun 2020, Wankes (Dewan Kesenian) Kabupaten Klaten, mendapatkan hibah dari Pemkab Klaten sebesar Rp1,7 Miliar untuk mendanai berbagai pentas seni dan kegiatan Wankes Klaten.

Salah satu keputusan Rakerda (Rapat Kerja Daerah) Wankes Klaten di Pendopo Pemkab (17/12/2019) Siang. Yakni, untuk tahun 2020 pentas seni lebih diutamakan di desa dan kecamatan se-Kabupaten Klaten.

Menurut Ketua Panitia Rakerda Wankes Klaten, Suwito Radyo, S.Kar dalam laporannya, rakerda diikuti jajaran pengurus Wankes Klaten dan Wankes Kecamatan se-Kabupaten Klaten dan tamu undangan sebanyak 350 orang.

“Rakerda ini mengambil tema: Dengan Strategi Tri Karsa Budaya Kita Wujudkan Klaten Maju, Mandiri dan Berdaya Saing,

“Tri karsa budaya meliputi nguripke, ngurupke dan ngirapke seni budaya,” jelas Suwito.

Lebih lanjut, Ketua harian Wankes Klaten FX Setyawan mengatakan, menjelang akhir tahun 2019 akan menggelar Tujuh kegiatan antara lain: Lomba mewarnai dan pameran seni rupa 3 dimensi (22/12) di balai desa Danguran, Pentas Ketoprak malam Jum’at Legi (26/12) di RSPD.

“Kemudian, pentas wayang kulit malam Selasa Kliwon (30/12) di RSPD dan gelar pentas seni budaya purna Warsa di 4 eks Kawedanan se Kabupaten Klaten,

“Pagelaran religi Natal (28/12) di RSPD, dan Pentas akhir tahun (31/12) di Alun-alun Klaten,” tuturnya.

Sedangkan, Bupati Klaten Hj Sri Mulyani dalam sambutannya yang dibacakan Asisten l Sekda Klaten, dr Rony Roekmito, MKes mengatakan, komitmen semua pemangku kepentingan dalam melestarikan seni budaya Bangsa akan semakin diuji.

“Dalam era globalisasi, interaksi dan pergaulan antar umat manusia tidak hanya ditentukan oleh interaksi yang bersifat verbal, tetapi melalui interaksi tidak langsung yaitu melalui internet, televisi dan media lainnya, ” pungkasnya. (Red)

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Tinggalkan Balasan